Friday, October 23, 2015

Kelembutan Allah dari Peringatan Katak Ini

oleh Hasan al-Jaizy

Ada katak disebut di kita sebagai 'Katak Perut Api'. Banyak yang menyebutkan kodok karena memiliki kulit yang memiliki bentol-bentol yang biasanya umum dimiliki oleh kodok. Tapi sebenarnya dia ini katak, bukan kodok. Perutnya yang berwarna merah digunakan sebagai pertahanan diri. Saat predator mendekat, katak ini berdiri dan menunjukan perutnya. Itu riwayat yang saya temukan dari Kaskus.

Sementara, riwayat tambahan yang saya dapat dari National Geographic, katak ini memiliki sisi yang sangat dramatis dalam memalsukan kematian mereka. Saat berpura-pura mati, katak ini memutarbalikkan anggota tubuh untuk menampilkan tanda peringatan berwarna kuning atau oranye di bawah telapak kaki mereka. Mereka juga membalik punggungnya untuk menunjukkan tanda yang sama di perutnya.

Para pakar menyebutkan, bahwa dengan trik A dan juga B tersebut, yang sebenarnya intinya ingin menzahirkan 'warna' saja, maka para mangsa akan tahu bahwa katak ini 'beracun'. Lalu mereka akan menghindar. Saya menekankan di point ini. Subhanallah. Katak ini memberikan body language untuk hewan pemburunya, agar cari saja makanan lain supaya tidak kena racun dia. Ini selain bertujuan melindungi diri, bertujuan pula melindungi musuh dari kematian.

Saya benar-benar bersyukur, terlahir dalam keadaan Islam, masih dan semoga akan terus Allah berikan kenikmatan Islam. Ditambah syukur pula, saya masih belajar terus tentang Islam, walau saya adalah pemula. Ayo, para scientist muslim, kita sama-sama maju yuk.

No comments:

Post a Comment