Sedikit mengenai Witir dari Syaikh Muhammad ibn Shalih Al-Utsaimiin:
فيجوزُ الوِترُ بثلاثٍ ، ويجوزُ بخمسٍ ، ويجوزُ بسبعٍ ، ويجوزُ بتسعٍ ، فإنْ أوترَ بثلاثٍ فله صِفتان كِلتاهُما مشروعة : الصفة الأولى : أنْ يَسْرُدَ الثَّلاثَ بِتَشهدٍ واحدٍ ، الصفة الثانية : أنْ يُسلِّمَ مِن رَكعتين، ثم يُوتِرَ بواحدة ،كلُّ هذا جَاءت به السُّنةُ ، فإذا فَعَلَ هذا مرَّةً ، وهذا مرَّةً : فَحَسَنٌ ، ويجوز أن يجعلها بسلام واحدٍ ، لكن بتشهُّدٍ واحدٍ لا بتشهُّدين ؛ لأنه لو جعلها بتشهُّدين لأشبهت صلاةَ المغربِ ، وقد نهى النبي صلى الله عليه وسلم أن تُشَبَّهَ بصلاةِ المغرب
"Witir boleh 3, 5, 7, 9 rakaat. Jika ia berwitir 3 maka mempunyai 2 cara dan keduanya ada syariatnya.
Pertama: Ia menunaikan 3 rakaat dengan satu tasyahhud
Kedua: Dia salam setelah 2 rakaat, lalu berwitir 1 rakaat.
Semuanya datang dari sunnah Nabi. Jika melakukan ini sekali dan itu sekali, it's ok.
Dia boleh menjadikan [3 rakaat tersebut] dengan satu salam saja, namun tasyahhudnya harus 1 juga, tidak boleh 2 kali. Karena kalau tasyahhudnya dua, maka miriplah dengan shalat maghrib. Sementara Nabi melarang shalat tersebut diserupai dengan shalat maghrib."
[Syarh Al-Mumti']
فيجوزُ الوِترُ بثلاثٍ ، ويجوزُ بخمسٍ ، ويجوزُ بسبعٍ ، ويجوزُ بتسعٍ ، فإنْ أوترَ بثلاثٍ فله صِفتان كِلتاهُما مشروعة : الصفة الأولى : أنْ يَسْرُدَ الثَّلاثَ بِتَشهدٍ واحدٍ ، الصفة الثانية : أنْ يُسلِّمَ مِن رَكعتين، ثم يُوتِرَ بواحدة ،كلُّ هذا جَاءت به السُّنةُ ، فإذا فَعَلَ هذا مرَّةً ، وهذا مرَّةً : فَحَسَنٌ ، ويجوز أن يجعلها بسلام واحدٍ ، لكن بتشهُّدٍ واحدٍ لا بتشهُّدين ؛ لأنه لو جعلها بتشهُّدين لأشبهت صلاةَ المغربِ ، وقد نهى النبي صلى الله عليه وسلم أن تُشَبَّهَ بصلاةِ المغرب
"Witir boleh 3, 5, 7, 9 rakaat. Jika ia berwitir 3 maka mempunyai 2 cara dan keduanya ada syariatnya.
Pertama: Ia menunaikan 3 rakaat dengan satu tasyahhud
Kedua: Dia salam setelah 2 rakaat, lalu berwitir 1 rakaat.
Semuanya datang dari sunnah Nabi. Jika melakukan ini sekali dan itu sekali, it's ok.
Dia boleh menjadikan [3 rakaat tersebut] dengan satu salam saja, namun tasyahhudnya harus 1 juga, tidak boleh 2 kali. Karena kalau tasyahhudnya dua, maka miriplah dengan shalat maghrib. Sementara Nabi melarang shalat tersebut diserupai dengan shalat maghrib."
[Syarh Al-Mumti']
No comments:
Post a Comment