Wednesday, May 30, 2012

2 Trik Berantas Galau

oleh Hasan Al-Jaizy

2 TRIK MEMBERANTAS GALAU

Tidak khusus untuk bujang-perawan saja, namun mencakup siapapun yang merasa 'sepi'. Sepi itu tidak selalu bermakna tanpa teman. Karena bisa pula seseorang banyak teman, namun hatinya tetap kesepian, entah karena teman2nya tak mendukung jalan, atau karena ia tahu teman-temannya munafik.

Saat Anda merasa 'sepi' atau sedih, sementara teman atau pasangan tidak memberikan hingar kehangatan yang menyembuhkan, maka :


TRIK PERTAMA:

STEP 1=> Kunjungilah tempat yang banyak pohonnya. Ingat, tempat yang banyak pohonnya dan berbeda jenis pohon. Sendiri. Dan jangan lupa bawa MUSHAF [Al-Qur'an; kalau mau, yang ada terjemahannya]

STEP 2=> Duduklah dan perhatikan dedaunan yang diam sebagian menari sebagian.

STEP 3=> Lalu renungi bahwa dedaunan itu tidak bergerak sendiri. Pasti ada yang menggerakkannya seakan jemari yang lentik menari-nari. Dan ternyata angin lah yang menggerakkan. Sebagaimana kapal yang bergerak karena pengaruh angin.

STEP 4=> Buka Surat Ar-Ruum ayat 46:
وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَن يُرْسِلَ ٱلرِّيَاحَ مُبَشِّرَٰتٍۢ وَلِيُذِيقَكُم مِّن رَّحْمَتِهِۦ وَلِتَجْرِىَ ٱلْفُلْكُ بِأَمْرِهِۦ وَلِتَبْتَغُوا۟ مِن فَضْلِهِۦ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah bahwa Dia mengirimkan ANGIN sebagai pembawa BERITA GEMBIRA dan untuk merasakan kepadamu sebagian dari RAHMAT-Nya dan supaya kapal dapat berlayar dengan perintah-Nya dan (juga) supaya kamu dapat MENCARI KARUNIA-Nya; mudah-mudahan kamu BERSYUKUR."

STEP 5=> Perhatikan dan fikirkan dalam-dalam keseluruhan ayat dan terkhusus kata2 yang saya kapital-kan. Insya Allah akan terjawab.

STEP 6=> Ketika solusi, jawaban dan kehangatan telah membekam hati Anda, bersujudlah. Sesungguhnya Allah mencintai Anda.


 TRIK KEDUA:

STEP 1=> Kunjungi tempat tinggi, seperti bukit, atas pohon, kamar lantai atas atau atap rumah; direkomendasikan tempat yang bisa melihat angkasa dan luasnya bumi. Juga diiringi pohon-pohon. 

STEP 2=> Lihatlah burung2 yang beterbangan, kecil ataupun besar.

STEP 3=> Lalu renungi burung2 itu tidak menciptakan dirinya sendiri, melatih kursus untuk terbang dan induknya tidak pernah melatihnya terbang. Lalu siapa yang seimbangkan mereka? Dan siapa yang seimbangkan keceriaan mereka? Dan siapa yang seimbangkan kondisi hati manusia?

STEP 4=> Buka ayat2 ini satu persatu dan baiknya berurutan:

Al-Mulk: 19
أَوَلَمْ يَرَوْا۟ إِلَى ٱلطَّيْرِ فَوْقَهُمْ صَٰٓفَّٰتٍۢ وَيَقْبِضْنَ ۚ مَا يُمْسِكُهُنَّ إِلَّا ٱلرَّحْمَٰنُ ۚ إِنَّهُۥ بِكُلِّ شَىْءٍۭ بَصِيرٌ

"Dan apakah mereka tidak memperhatikan burung-burung yang mengembangkan dan mengatupkan sayapnya di atas mereka? Tidak ada yang menahannya (di udara) selain Yang Maha Pemurah. Sesungguhnya Dia Maha Melihat segala sesuatu."

Al-Mulk: 15
هُوَ ٱلَّذِى جَعَلَ لَكُمُ ٱلْأَرْضَ ذَلُولًۭا فَٱمْشُوا۟ فِى مَنَاكِبِهَا وَكُلُوا۟ مِن رِّزْقِهِۦ ۖ وَإِلَيْهِ ٱلنُّشُورُ

"Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan."

Al-Mulk: 21
أَمَّنْ هَٰذَا ٱلَّذِى يَرْزُقُكُمْ إِنْ أَمْسَكَ رِزْقَهُۥ ۚ بَل لَّجُّوا۟ فِى عُتُوٍّۢ وَنُفُورٍ

Atau siapakah dia ini yang memberi kamu rezki jika Allah menahan rezeki-Nya? Sebenarnya mereka terus-menerus dalam KESOMBONGAN dan MENJAUHKAN DIRI?"

Al-Mulk: 23
قُلْ هُوَ ٱلَّذِىٓ أَنشَأَكُمْ وَجَعَلَ لَكُمُ ٱلسَّمْعَ وَٱلْأَبْصَٰرَ وَٱلْأَفْـِٔدَةَ ۖ قَلِيلًۭا مَّا تَشْكُرُونَ

"Katakanlah: "Dia-lah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati". (Tetapi) amat SEDIKIT kamu BERSYUKUR."

Seberapa banyak kita bersyukur dan bagaimana kesombongan dan jauhnya kita dari Allah menjadikan kita berpedih dan bersedih!?


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/395226833852041

No comments:

Post a Comment