Sunday, May 13, 2012

MERABA MEDAN : [15] Berdebat Itu Buruk, Seburuk Pemancing Debat?

oleh Hasan Al-Jaizy


[DEBAT ITU BURUK...SEBURUK PEMANCING DEBAT?]

Point2 ini mungkin ada yang menyangkal terjadinya. Namun, jika memang itu benar terjadi, apa gunanya menyangkal?

[1] Ada si fulan mengatakan, "Maaf, saya tidak suka berdebat!", tapi sebenarnya dia lebih cocok mengatakan, "Maaf, saya tidak bisa berdebat!"

[2] Ada si fulan mengatakan, "Dilarang berdebat di sini!", tapi sebenarnya dia lebih cocok mengatakan, "Dilarang mendebati saya di sini!"

[3] Ada si fulan mengatakan, "Berdebat itu terlarang dan tercela!", tapi tingkahnya seperti makna kalimat ini: "Memancing perdebatan itu tidak terlarang dan tidak tercela!"



[4] Ada si fulan mengatakan, "Ini adalah bid'ah...itu adalah sesat...Fulan adalah ahlu bid'ah!", lalu ditanya: "Mana buktinya dan jelaskan!!!" Setelah itu, si fulan menjawab dengan 'link-copas' atau 'artikel-copas' dan cuci tangan cuci kaki. Ketika ditentang, buru-buru ia menulis 3 kalimat:

--> "Maaf, saya tidak suka berdebat!"
--> "Dilarang berdebat di sini!"
--> "Berdebat itu terlarang dan tercela!"

PADAHAL, INI ASLINYA:

=> "Maaf, saya tidak bisa berdebat!"
=> "Dilarang mendebati saya di sini!"
=> "Tapi, memancing perdebatan itu tidak terlarang dan tidak tercela!"

Ini pernah terjadi? Coba jawablah dengan cara menuding diri sendiri.


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/385872078120850

No comments:

Post a Comment