Monday, May 7, 2012

DARI HATI KE HATI : [6] Anak Seribu Pulau

oleh Hasan Al-Jaizy


[Anak Seribu Pulau]

Ingat program TV era 90-an bernama 'Anak Seribu Pulau' yang ditayangkan tiap Ahad pagi? Dahulu acara tersebut adalah yang paling saya suka. Sedari saya masih ingusan dulu, punya cita-cita bertemu anak-anak nusantara dari beragam suku bersatu dalam nama negeri ini. Jua tak luput lekatan hati pada kerinduan akan alam yang indah. 

Ternyata suara hati kecil saya ter-istijabah oleh Allah, karena usia remaja saya melebur di pesantren; di mana ada ratusan anak-anak seribu pulau tertemu, tersapa, terkawan, terangkul bersama. Alangkah indahnya itu semua.

Sebelum lulus SMA, pernah saya berdoa agar di kemudian hari saya bisa merangkul orang-orang yang hidup di pedalaman, apapun pulaunya. Segala puji bagi Allah, lagi-lagi Allah menjawab suara batin dengan mengirimku ke pedalaman Pontianak. Kembali bertemu banyak anak-anak berpulau-pulau.

Indonesia adalah negara yang secara dramatis indah, secara dramatis penuh dilema. Semoga kesempatan untuk merangkul anak-anak seribu pulau masih terbuka; selagi masih bermimpi hari-hariku tuk jua merangkul mahasiswa.

Anak Seribu Pulau...Anak Mahasiswa
tetaplah kalian menjadi Mahasiswa Pembangun Seribu Pulau


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/382875715087153

No comments:

Post a Comment