Thursday, May 3, 2012

Jihad Melawan Orang2 Munafik

oleh Hasan Al-Jaizy


[Jihad Melawan Orang2 Munafik] - Faedah Ilmiiyah dari Syaikh ibn Al Utsaimiin 

جهاد المنافقين يكون بالعلم، لا بالسلاح؛ لأن المنافقين لا يقاتَلون

"Jihad [melawan] orang2 munafik adalah dengan 'ilmu', BUKAN dengan 'senjata'; karena orang2 munafik tidak diperangi [dengan senjata]."


DALIL:

Dalil 1:

فإن النبي صلّى الله عليه وسلّم استؤذن أن يُقْتَلَ المنافقون الذين علم نفاقهم فقال: «لا يتحدث الناس أن محمداً يقتل أصحابه»

"Sesungguhnya Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam pernah diminta izin agar orang2 munafik yang DIKETAHUI kemunafikannya itu dibunuh saja, maka beliau menjawab [untuk melarang]: "Jangan [sampai] orang2 berkata bahwa Muhammad membunuh para sahabatnya." [H.R. Muslim di Kitab Zakat]

Dalil 2:

يَاأَيُّهَا النَّبِيُّ جَاهِدِ الْكُفَّارَ وَالْمُنَافِقِينَ

"Wahai Nabi, berjihadlah [melawan] kuffar dan para munafik." [Q.S. at-Tahrim: 9]


Kemudian Syaikh -rahimahullah- menjelaskan:

ولما كان جهاد المنافقين بالعلم، فالواجب علينا أن نتسلح بالعلم أمام المنافقين الذين يوردون الشبهات على دين الله؛ ليصدوا عن سبيل الله، فإذا لم يكن لدى الإنسان علم فإنه ربما تكثر عليه الشبهات والشهوات والبدع ولا يستطيع أن يردها

"Dan selagi Jihad melawan kaum munafik itu dengan ILMU, maka wajib bagi kita tuk mempersenjatai diri dengan ilmu di depan kaum munafik yang menabur syubhat atas agama Allah! 
Jika tiada dalam diri seorang manusia ilmu, maka mungkin saja ia sendiri juga memiliki banyak syubhat, syahwat dan kebid'ahan, [sehingga] tidak bisa menolak itu semua [dalam diri sendiri]."

Sumber: Kitab Syarh Mumti' ala Az-Zaad Al-Mustaqni' oleh Syaikh Muhammad ibn Shalih Al-Utsaimiin rahimahullah, jilid 8, hal. 5-6


Setelah penjelasan di atas, maka jangan ada di antara anak muda yang membaca status ini langsung MENCAP sang Syaikh sebagai orang yang anti-Jihad; karena kalimat-kalimat beliau adalah haq dan disertakan oleh dalil, plus pemahaman yang sempurna akannya.

Adapun jika ingin mencap pemilik status sebagai penukil kalimat, atau siapapun yang setuju dengan kalimat sang Syaikh, sebagai orang2 anti-Jihad, maka silahkan saja, toh semakin jelas siapa-siapa yang sebenarnya tidak memahami makna Jihad. Tetap kita mendoakan siapapun dari kaum muslimiin agar menjadi para mujaahidiin di lapangan dan bidang masing2.


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/379172528790805

No comments:

Post a Comment