Sunday, May 6, 2012

MERABA MEDAN : [12] Facebook Adalah Mainan?

oleh Hasan Al-Jaizy

[Facebook adalah 'Mainan'?]

Facebook itu remeh bagi orang yang meremehkan; namun menakutkan bagi yang ketakutan. Sebagaimana kebanyakan manusia yang enggan serius dan hendak main-main, Internet digunakan hanya tuk bermain-main. Karena itulah dikenal beberapa term, nama atau sitilah ditambah imbuhan AN di akhirnya.

Contoh:
FB ==> FB-AN
Twitter ==> Twitter-AN
Internet ==> Internet-AN

Bagi yang berusaha memandang lebih luas dan lebih dalam, akan menemukan adanya makna terselubung di balik imbuhan AN. Apa itu? Makna MAIN-MAINAN. Jadi, FB, Twitter dan Internet hanya untuk MAINAN; karena itulah:

==> orang yang sedang menggunakan FB disebut 'sedang FB-AN' seakan bermakna: 'SEDANG MAIN FB'. See? Lihat?
==> tidak sama jika dikatakan: 'He is having/using FB' [Dia sedang menggunakan FB] dengan 'He is playing FB' [Dia sedang main FB atau FB-AN], dan kalimat kedua tidak ada dalam English.


See the difference???

Bagi sebagian orang yang tidak berfikir jauh, FB hanyalah jejaring sosial tuk menambah fun dunia ini atau menambah pertemanan belaka. Bagi sebagian anak muda beraroma kencur, FB hanyalah wasilah untuk mencari gebetan, bermain game atau komentar2 semaunya. 

Jenis di atas adalah mereka yang layak disebut FB-AN [Bermain FB]. Dan syukurlah tidak semua orang seperti itu.


Namun...

Jika seseorang membuka akun FB, dengan mengetik email+password dan masuklah, dengan niatan ingin menulis catatan penting atau ada kebutuhan darurat berkaitan dengan pekerjaan, apakah itu disebut 'main FB' atau 'FB-AN'??? The hell? Come on! Pick up your falling brain!

FACT YOU GOTTA LEARN:

REVOLUSI MESIR berawal dari FACEBOOK [Ini info yang saya dapat dari beberapa kajian para masyaayikh Mesir]. Eksistensi pemuda di FB bisa merubah kondisi satu negara secara total dan mutlak!!! Apakah FB kini bisa disebut permainan dan remeh???? 

Bisakah sebutan 'FB-AN' atau 'Main FB' diganti dengan yang lebih terkesan serius?


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/381689541872437

No comments:

Post a Comment