Thursday, January 5, 2012

Sebuah Rekomendasi

oleh Hasan Al-Jaizy

Kita rekomendasikan:

Bagi yang ingin mulai mendalami agama, maka salah satu wasilahnya adalah membaca buku. Lalu, bacalah buku yang bahasanya paling Anda FAHAMI, bukan bahasa yang sekiranya Anda kira 'keren' atau 'kelihatan-berat-berkualitas'; sesungguhnya semut takkan memasukkan toples gula ke lubang demi bekal masa panceklik.

Yakni, karena Anda Indonesia, maka bacalah buku berbahasa Indonesia;

 sehingga fahamnya Anda tak terkesan dipaksa memaksa. Bukan malah dengan bahasa asing, English misalnya, karena 'keren' atau 'kelihatan-berat-berkualitas', yang justru ditakutkan akan terjadi beberapa kesalahfahaman di titik-titik rawan kecelakaan sehingga kenyataan tak sesuai harapan.

Terkecuali bahasa Arab, jika memang Anda mampu memahami [bukan sekedar 'merasa' mampu], maka justru memahami agama dengan bahasa Arab adalah lebih baik, lebih lengkap dan relatif lebih selamat.





 Kemudian:

Jangan salahkan begitu saja orang yang berusaha mendalami agama dengan banyak membaca artikel/buku berbahasa Indonesia, terjemahan atau karangan pribumi, online ataupun offline, via PC ataupun dengan buku. Tidak salah. Karena manusia dibebankan sesuai kemampuannya. Justru jika dipaksa terbebani di atas kemampuan, maka kemacetan akan terjadi di tengah jalan....atau bahkan akan terjadi kecelakaan.

Bahasa Arab memang sangat membantu; namun segala perantara yang termudah adalah yang paling membantu.





No comments:

Post a Comment