Sunday, March 18, 2012

2 Bahasa Terindah

oleh Hasan Al-Jaizy

Ada 2 bahasa yang jika Anda kuasai, maka Anda berpotensi besar menjadi salah satu di antara orang2 yang PALING bahagia di dunia...dan berlanjut bahagianya di akhirat Insya Allah. 2 bahasa tersebut adalah:

1. BAHASA AYAT-AYAT QUR'ANIYYAH
2. BAHASA AYAT-AYAT KAUNIYYAH


1. Bahasa Ayat Qur'aniyyah

adalah BAHASA ARAB Fusha. Yang jika seseorang mempelajari, mendalami sembari melekatkan pandangan hati pada ayat-ayat Al-Qur'an, maka ia takkan menemukan kecuali pintu-pintu bahagia terbuka lalu tersiratlah lukisan kerajaan Pencipta Yang Maha Agung. Jika terlantun satu ayat di pendengaran, termampu ia memahami dengan hati hingga jiwa seakan terbang dan fikiran melayang. 

Keindahan dan kebahagiaan ini takkan terdapatkan kecuali dengan mempelajari, bukan dengan mengkhayali. Dan tidak dengan cara instan; karena jalan pintas tak berikan makna jerih. 

Demi Allah, jikalau seseorang buta akan Bahasa Arab namun tersentuh dengan ayat Al-Qur'an yang diterjemahkan, maka seseorang yang faham Bahasa Arab fusha dengan baik bisa tersentuh hatinya berpuluh-puluh kali lebih dalam dengan ayat Al-Qur'an tersebut.

Dan hati adalah Allah yang mengatur dan menggerakkannya.


 2. Bahasa Ayat Kauniyyah

adalah bahasa alam yang tak terpelajari secara tulisan mutlak, namun terbaca secara makna. Lihatlah lumut-lumut, mengapa mereka berwarna hijau dan hanya hadir di tempat lembab!? Lihatlah burung-burung, bagaimana mungkin mereka bisa seimbangkan dirinya tanpa pegangan dan pijakan!? Lihatlah cicak, bagaimana ia bisa menempel lekat di dinding halus!? Lihatlah pori-pori, mengapa ada di setiap tubuh manusia dan mengapa berguna!?


Jikalau Anda ingin hiburan yang membahagiakan namun sederhana:

Lihatlah dedaunan, petik salah satu, perhatikan garis-garisnya dan kiaskan garis tengah daun yang lurus adalah jalan kehidupan Anda. Bermula dari sudut tangkai selayak Anda terlahir dan berakhir pada ujung daun selayak Anda mati. Kemudian baca dan maknai dengan resap awal2 Surat Al-Mulk.

Jika Anda membiasakan melakukan hal di atas, insya Allah segala jenis kepedihan dan kesedihan akan terobati.


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/349959745045417

No comments:

Post a Comment