Friday, March 30, 2012

Agar Anak Membaca dan Menyukai Buku

oleh Hasan Al-Jaizy

Kalau ada orang tua [entah ayah atau ibu] yang ingin anaknya senang membaca buku, ada tips berdasarkan realitas di keluarga ana:

1. Sang ayah layaknya sering membaca buku. Maka sang anak akan melihat dan meniru. Agak lucu jika anak disuruh mencintai buku namun sang ayah justru tak suka membaca buku.

2. Belikan dan berikan wahana dan sarana. Yakni, jangan berpelit ria membelikan anak buku yang co

cok dan disukainya. Jika ingin, jadikan buku sebagai hadiah saat sang anak telah berbuat sesuatu yang baik.

3. Jangan terlalu ketat dalam mengatur anak membaca. Seperti, mengharuskan anak membaca di tempat tertentu dengan posisi yang wajib. Berikan ia kebebasan memilih posisi dan suasana yang disukai.

4. Tanggapi pertanyaan anak ketika menyanyakan perihal kata/kalimat tak terfahami. Usahakan untuk tidak pernah mengabaikan meski satu pertanyaan; karena kadang itu bisa mengecewakan ia.

5. Jika ingin membangun jiwa kritis, setelah anak membaca, tanyakan dengan halus: 'Coba tadi kisah apa yang kamu baca?' atau 'Kira-kira si Abu Jahal itu jahat atau tidak?' Jika si anak menjawab ngawur, diluruskan saja.





Point2 di atas sekedar hasil pengamatan berdasarkan realitas environment pribadi, cerita keluarga orang dan juga kajian dari seorang ulama perihal membaca buku dan membangunkan syahwatnya pada anak-anak.





Tapi, yang paling vital [menurut hemat/irit/tak-mubadzir nya ana] adalah point pertama, yaitu faktor dari sikap/tingkah/kelakuan dan perbuatan orang tua itu sendiri. 

Dan point pertama tersebut, frame atau kerangkanya juga bisa kita terapkan pada hal2 lain, misalnya:

1. Shalat berjama'ah. Jika ingin anaknya kelak rajin shalat di masjid, maka si bapak harus mencontohkan sejak kecil.

2. Tidak tidur pagi. 

3. Berbicara yang baik2. dan seterusnya





No comments:

Post a Comment