Thursday, March 8, 2012

Iblis Pra-Maksiat

oleh Hasan Al-Jaizy

Diriwayatkan dari Thawus, dari Ibnu Abbas radhiyallahu anh:

"Sesungguhnya Iblis sebelum bermaksiatnya ia, bernama AZAAZIIL [عزازيل]. Dahulu ia adalah termasuk yang menghuni bumi dan termasuk makhluk yang paling rajin [mujtahid] dan yang paling berilmu. Inilah penyebab kesombongannya [kemudian]."

[Tarikh Ath-Thabary, Jilid pertama, hal. 86]


Menariknya...

Teringat para pemuja setan menamakan salah satu pujaan [dewa] mereka AZAGHAL. Dan ada beberapa band Satanic beraliran Black Metal bernama AZAGHAL. 

Prasangka [yang belum bisa saya buktikan] adalah kemungkinan nama AZAGHAL ini tertera di Bible, atau Taurat; sehingga para pemuja setan, yang sedianya Anti-Christ, mencoba memutarbalik pemujaan dari ketuhanan menjadi keiblisan.


Plus...

Perkataan Ibnu Abbas radhiyallahu anhu bukanlah perkara ijtihadiyyah fiqhiyyah furu'iyyah, melainkan perkara ghaib yang tak mungkin didapatkan kecuali dengan wahyu. Jika begitu adanya, maka ada beberpa kemungkinan:

--> Asalnya ini adalah perkataan Nabi, namun Ibnu Abbas tak mengatakan: 'Rasulullah bersabda...' dan semacamnya, sehingga ini adalah perkataan berasal dari Nabi, atau...

--> Ini adalah cerita Israiliyyat yang sudah bergema sebelum diutusnya Nabi.


 Jikalau itu adalah tuturan Israiliyyat, kita tidak mendustakan namun tak pula membenarkan begitu saja. Hanya, ketika kita temukan yang mengatakannya adalah sahabat Ibnu Abbas, yang telah dimandatkan oleh Nabi dengan doanya agar Allah memberinya kelebihan ilmu dan takwiil, maka bukan tercela jika kita mempercayai dan tidak mendustakan.

Wallahu a'lam.


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/344379675603424

No comments:

Post a Comment