Tuesday, April 24, 2012

Bukakan Aku Pintu-pintu Ilmu

oleh Hasan Al-Jaizy

Ada seorang thaalib al-ilm [pelajar] berdoa berkali-kali pada Rabb-nya dalam kesendirian: "Ya Allah, bukakan untukku pintu-pintu ilmu"

Tak lama kemudian, tak terjulur masa melebihi sebulan, Allah Ta'ala menunjukinya dan membukakan baginya pintu-pintu ilmu yang sangat luas.

====================================

Sebenarnya untuk zaman sekarang, pintu-pintu ilmu telah dibukakan oleh Allah begitu luas tak terbayangkan dan masih akan terus terbuka hingga berakhir masa. 
Namun, tidak semua orang menyadarinya. 
Ada pula yang mengerti, namun enggan memasuki.
Ada pula yang memasuki, namun enggan menjalani.


Amanat yang Kelak Mengundang Tanya

Seandainya seseorang mampu berbahasa pribumi daerah, nasional, dan Arabic dengan baik, maka ia harus sadar bahwa: itu semua adalah AMANAT dan akan DITANYAKAN. Untuk apa, bagaimana, seberapa...???

Terlebih jika ia juga menggunakan fasilitas Internet dan mampu menjangkau situs-situs asing yang tak bisa dijangkau semua manusia; karena kendala bahasa. Itu semua adalah AMANAT dan akan DITANYAKAN.


 Bagaimana dengan FACEBOOK [FB]?

Insan Indonesia rata-rata lebih menyukai yang mild, soft dan tidak heavy. Atau kadang pula menganggap suatu yang serius sebagai sandaran permainan. Seperti juga FB, meski tiap jiwa punya hak masing2 dalam menggunakan, namun sungguh sayang jika FB digunakan hanya untuk berkekeh ria tanpa ada niatan menyebar kebaikan, apapun bentuknya [selama tidak melanggar].

Karena itulah, ada imbuhan AN setelah FB. Hasilnya: FB-AN

FB-AN berarti 'bermain FB'
Serupa dengan Mobil-mobil-AN berarti 'mainan mobil'

Di beranda saya, banyak sekali saudara-saudari menitip ilmu sehingga seakan beranda berisikan kebun-kebun segar yang bunganya bermekaran dan buah-buahnya bergelantungan. Bisa kupetik semauku, bisa pula kuacuhkan sekehendakku.

Apakah berandamu sama seperti milik saya? Entah..


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/373179599390098

No comments:

Post a Comment