Wednesday, April 25, 2012

Tahukah Kamu?

oleh Hasan Al-Jaizy

Ga bisa melabeli seseorang fanatik karena ia menjagokan suatu tim sepakbola.
Ga bisa mencap seseorang mutasyabbih [ber-tasyabbuh] karena ia memakai kaos bola, meskipun berlambang, meskipun bernama.
Ga bisa mengatakan 'fulan Ahlul Bid'ah' karena ia 'ikut-ikutan' acara semacam Maulid-an, 40-harian atau semacamnya.
Ga bisa mendramatisir beberapa fatwa permasalahan modern yang dihasilkan dari ijtihad lalu memaksa keseragaman padahal tidak semua perbedaan harus diseragamkan.


Tahukah kamu?

--> Kadang seorang yang 'baru-tahu', ia merasa 'paling-tahu'. Sehingga dengan perasaan itu, ia menggurui orang yang 'sudah-lama-tahu' atau yang 'lebih-banyak-tahu'.

--> Bisa jadi ilmu yang dipelajari seseorang sungguh mulia, namun niat orangnya yang tak mulia. Sehingga seringkali ia memposisikan dirinya yang mungil mengangkang di atas kepala menteri dan raja. Atau seringkali ia berkacak pinggang layaknya raja lalim memaksa rakyat kecil tuk berseragam.

--> Adakalanya seseorang bersikap seperti ini dan itu atau berkata ini dan itu, tanpa ketulusan dan keselarasan dengan alur hati. Pasalnya, ia enggan bersikap atau berkata menyelisihi karena takut tidak 'dianggap', tidak disebut 'XXX' lagi dan sebagainya.

Terkadang manusia yang merasa tersindir akan sesuatu namun tidak bisa mengelak itu terjadi pada dirinya dan tidak mampu melawan, ia akan mengeluarkan beberapa jurus, mungkin ia akan mengatakan 'Kalimat Anda tak bermanfaat' dan semacamnya.


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/392789294095795

No comments:

Post a Comment