Tuesday, June 19, 2012

Kalau Suka, Jangan Berlebih

oleh Hasan Al-Jaizy

Mohon, jika suka, mengagumi dan senang akan sesuatu yang dijulurkan orang, kalau bisa tahan kalimat-kalimat pujian; terlebih jika dituturkan secara berlebihan. Lebih baik mencukupkan diri pada doa saja, entah di ketidaktahuannya atau di hadapannya.

Karena kalbu berasal dari Arabic: قلب yang maknanya adalah 'berbalik'. 

Bisa jadi, orang yang tadinya tulus memberimu, kalbunya akan terfitnah dengan pujian-pujian darimua.
Bisa jadi, kamu yang tadinya mengagumi dan memuji [terlebih jika berlebihan], tiba-tiba berbalik mencela, karena melihat aib dan cela darinya.

Maka, lebih baik doakan bagi orang-orang yang berbuat baik. At least, kalimat Jazzakallahu khaira; karena itu adalah sunnah Nabi. Doakan juga keberkahan baginya, semoga kebaikannya bermanfaat dan istiqamah baginya.


Yang lurus = Yang berkah

Sebenarnya doa keberkahan dan istiqamah bagi orang lain adalah doa yang sangat agung dan besar nilainya, bagi yang berfikir. Karena keduanya adalah karomah. 

Jika manusia hidup diberkahi [direstui], maka butiran debu baginya serasa sebuntal besar awan maknanya, hembusan angin kecil baginya serasa dekapan langit maknanya dan sepeser seribu seperti sepuluh ribu.

Dan jika manusia diberi istiqamah [kelurusan], maka celaan pencela tak merubuhkan benteng hati, segala ujian tetap yakin akan terobati dan optimis hingga hari nanti.

Istiqamah adalah hal yang tersulit...seumur-umur pemilik umur


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/406098559431535

No comments:

Post a Comment