Wednesday, June 6, 2012

SETAN

oleh Hasan Al-Jaizy

SETAN

Apa yang pertama dilakukan jika digoda atau diganggu setan dari jenis jin?

Allah Ta'ala berfirman:

إِمَّا يَنْزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ إِنَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Artinya: "Dan jika kamu ditimpa sesuatu godaan setan, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." [Q.S. Al-A'raaf: 200]


Penjelasan ayat:

Syaikh Al-Amiin Asy-Syinqithy -rahimahullah- berkata: "Dijelaskan di ayat mulia ini bagaimana selayaknya seseorang menghadapi setan dari jenis manusia dan jin. Dijelaskan pula bahwasanya setan berjenis manusia dihadapi dengan kelembutan, pemaafan, berpaling dari kebodohan dan keburukannya. Adapun setan berjenis jin, maka tidak ada jalan keluar dari [godaan dan gangguannya] kecuali dengan ber-ta'aawudz [meminta perlindungan kepada Allah darinya]." [Adhwaa' Al-Bayaan: 8/90]


Apa perbedaan antara setan berjenis manusia dan jin?

1. Setan berjenis manusia visible [bisa kita lihat wujud aslinya], sementara yang berjenis jin invisible [tidak tampak wujudnya]. Jikalau terlihat, maka sesungguhnya itu bukanlah wujud aslinya, melainkan kamuflase atau penyerupaan; seburuk apapun wujud yang terlihat.

2. Setan berjenis manusia menggoda secara langsung, entah dengan kalimat atau perbuatan. Sementara setan berjenis jin menggoda dengan bisikan di hati. Anda seringkali bisa mengetahui jelas bisikan itu berasal dari setan jin; namun belum tentu godaan kalimat/perbuatan setan manusia bisa Anda ketahui langsung. Dan untuk membedakan segala godaan dan bisikan buruk adalah dengan ilmu, bukan dengan sekedar perasaan.

3. Setan berjenis jin, ketika ia menggoda dan membisikimu, lalu kau ber-ta'awudz atau membaca ayat Kursi atau lainnya, maka ia akan menjauh/mengecil/bahkan terbakar. Namun setan berjenis manusia, ketika ia menggodamu, lalu kau membaca ayat-ayat, mereka takkan mengecil/terbakar. Justru sebagian mereka akan menertawai.


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/399232020118189

No comments:

Post a Comment