Friday, June 15, 2012

Kebanjiran Informasi

oleh Hasan Al-Jaizy

Info begitu banyak. Sekali Anda terkoneksi dengan Inet lalu membuka situs-situs, dalam 1 menit saja sudah bisa tersedia 10 info di layar. 

Jangan jauh-jauh ke situs lain. Perhatikan Facebok ini. Buka beranda, ternyata milikku seperti taman berhiaskan ayat-ayat dan hadits-hadits. Juga bertaburan pernik-pernik kalimat bermanfaat. Ada juga rumput-rumput curhat yang kadang layak diinjak. Semua itu adalah info. Dan banyak lagi macamnya.


Hanya sayang...

Banjirnya info tak membangkitkan kemampuan kita untuk benar-benar mendalami tiap info, memikirkan serta mengembangkan. Kita sekedar disuapi, kemudian masuk ke tenggorokan dan selesai. Mengunyah info begitu malas. Sekedar masuk saja. Lalu dimana ibrah-nya? Di mana belajarnya?

Makanya, tak berlebihan jika kita katakan:

"Orang jaman sekarang banyak tahunya, namun sedikit yang ia tahu bermanfaat baginya."


Buka beranda...

Siapa teman-temanmu? Jika teman-temanmu adalah mereka yang terbiasa cekikikan, jangan heran suka berkomentar sambil cekikikan.

Siapa teman-temanmu? Jika menganggap Internet hanya untuk mainan, jangan heran segala yang ia beri hanyalah mainan dan candaan.

Siapa teman-temanmu? Jika semuanya adalah orang2 yang lalai, melalaikan dan mengajak lalai, maka...ternyata kamu toh yang suka mengejek orang2 yang membuat status2 bermanfaat dengan ayat atau hadits....sembari kamu berkata: "Ah, munafik!" "Ah, sok suci!" "Alah, pencitraan aje lo! Aslinya juga sama!"


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/404136949627696

No comments:

Post a Comment