Monday, August 6, 2012

Bahwa Kebaikan Takkan Disiakan

oleh Hasan Al-Jaizy

Ingatlah selalu bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat baik [ihsan].

[1] Ketika kau berusaha menasihati kawanmu, 'Mari kita shalat!' namun justru ia berbalik merendahkanmu dan yang ada kemudian hanyalah tangisan hatimu. Ingatlah selalu bahwa 'Mari kita shalat!' mu tak luput dari kemaha-tahuan Allah...dan Dia takkan sia-siakan itu.

[2] Ketika kau melihat ada paku di jalanan, lalu kau menyingkirkannya ke pinggir atau menaruhnya di celah yang menjadikan manusia aman melewatinya. Tiada siapapun melihat , karena harapanmu hanya ridha-Nya dan menjadi wasilah keselamatan. Ingatlah selalu, biarpun tiada manusia tahu, namun Allah Maha Tahu...dan Dia takkan sia-siakan itu.

[3] Ketika kau diberi kekurangan harta atau kekurang-wajaran bentuk fisik, sehingga mungkin manusia tak melayanimu, enggan meladenimu atau bahkan kau tertebas berkali-kali oleh belati lisan penghinaan, namun dengan air matamu bertumpah ruah di sela-sela sendiri kau adukan segala rasa pada Yang Menciptakan-mu. Ingatlah sesungguhnya Allah Maha Menyayangi bagi yang berkeras diri ridha dan teguh, meski badai serasa tak bertepi akhir...dan Dia takkan sia-siakan segalanya kamu.

[4] Ketika kau berusaha memberi hadiah untuk anakmu, di awal bulan. Namun kau tak hendak kabarkan ia sebelumnya; berharap sang anak akan senang dan merasa surprised. Lalu kau berburu nafas berjalan cepat menuju rumahmu. Tak sabar melihat anaknya akan gembira dengan pemberianmu kelak. Sampailah kau di rumah dan tak lama kau berikan itu pada anakmu. Yang terharap adalah harapan...sementara harapan tak selalu sesuai kenyataan. Ternyata anakmu menolaknya dan mengembalikan hadiahmu dengan kasar hingga seakan hatimu terpecah berkeping-keping. Ingatlah sesungguhnya tiada usaha baik tersiakan...tiada rasa sakit terabadikan. Allah akan membalas dan menyembuhkan...dan Dia takkan sia-siakan usaha manusia dalam kebaikan.


Jikalau...

Jikalau orang-orang yang sedang kecewa...
Jikalau orang-orang yang sedang sakit hati...
Jikalau orang-orang yang kehilangan harapan...
Jikalau mereka semua mau membaca dan mentadabburi ayat ini:

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ إِنَّا لَا نُضِيعُ أَجْرَ مَنْ أَحْسَنَ عَمَلًا

"Sesungguhnya mereka yang beriman dan beramal saleh, tentulah Kami tidak akan menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengerjakan amalan (nya) dengan baik." [Q.S. Al-Kahfi: 30]

...niscaya mereka akan semakin yakin Al-Qur'an menjadi penyembuh rasa sakit, penawar kentalnya pahit dan penambal luka tak terjahit.


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/427412547300136


No comments:

Post a Comment