Wednesday, August 22, 2012

Hasad Adalah IRI

oleh Hasan Al-Jaizy

 Hasad itu adalah SINONIM nya iri. Hasad berasal dari bahasa Arab, yang diartikan dalam bahasa Indonesia mutlak menjadi IRI.

Namun, vocab HASAD/IRI memiliki makna dan maksud tidak hanya satu. Karena hasad bisa diartikan rasa iri semata, bisa juga dimaksudkan sebagai 'dengki'.

Begini kaedahnya:

[1] Tidak semua bentuk hasad/iri tercela, sementara segala bentuk dengki pasti tercela.
[2] Segala jenis kedengkian adalah termasuk iri/hasad, karena ialah pemicunya. Sementara tidak semua bentuk iri/hasad adalah kedengkian.

Karena dalam syariat, iri/hasad terbagi menjadi 2.

[1] Hasad yang terpuji/baik. Seperti iri akan kelebihan seseorang, dari segi ilmu ataupun materi [harta] yang digunakan dengan baik di jalan Allah.
[2] Hasad yang tercela/buruk. Seperti iri akan kelebihan seseorang, apapun bentuknya, namun disertai rasa benci dan harapan agar kelebihan tersebut sirna dari pemiliknya dan menjadi miliknya. Ini adalah kedengkian.


Manusia Tak Lepas Dari Rasa Iri?

Benar dan tentu saja. Rasa iri itu wajar dan bahkan bisa dikatakan tabiat. Karena manusia memiliki harapan dan keinginan untuk menjadi lebih baik atau memiliki sebuah keutamaan. Ketika manusia melihat manusia lain memiliki kelebihan, secara wajar ia juga ingin menjadi sepertinya. Ini adalah kewajaran.

Namun tidak semua kewajaran terbebaskan tanpa ikatan dan batasan; sebagaimana rasa cinta manusia akan lawan jenisnya adalah kewajaran, dan harus ada ikatan juga batasan.

Di sinilah perannya agama...dalam mengikat manusia dan membatasi gerak-gerik, sehingga lubang dan jurang bukan menjadi tempat terakhir manusia sembari membawa penyesalan.


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/432046790170045

No comments:

Post a Comment