Tuesday, August 7, 2012

Sebuah Kisah Sedih

oleh Hasan Al-Jaizy


 Sebuah Kisah Sedih...

Ini adalah cerita yang dulu tak asing di telinga saya. Sebuah cerita orang Arab, entah dari negeri mana.

Seorang anak, adalah pelajar di kota [atau negeri] lain. Ia meninggalkan rumah dan orang tuanya demi mencari ilmu. Suatu ketika, masa liburan tiba, sang anak hendak pulang kampung. Ia tak ingin menghubungi ibunya sebelum sampai di kota kelahirannya. Ia hendak memberi surprise pada ibunya; yang sudah dipastikan kangen sangat akan buah hatinya. Sementara sang ayah sudah tiada.

Setelah tiba di kota, sang anak mengontak rumahnya. Ia hendak memberi surprise dengan caranya sendiri. Ketika sang ibu mengangkat telepon, ia berkata: "UMMI! Aku pulang. Aku sudah ada di sini dan di sini! Tapi kendaraan yang aku kendarai kecelakaan! Tolong temui aku di jalan ini!" atau kalimat semaknanya. 

Kontan ibunya gembira bercampur cemas. Kekalutan dalam hatinya tak terbendung. Ibu tidak tahu bahwa sang anak hanya berbohong...sekedar memberi surprise dan mencari sensasi. Namun itu justru membuat ibunya khawatir dan cemas. Akhirnya sang ibu pun pergi ke nama jalan yang disebutkan anaknya, untuk menjemput.

Sementara sang anak, setelah menelepon, beranjak pergi ke jalan yang disepakati untuk bertemu dengan ibunya. Ia pun menaiki kendaraan umum menujunya. Dan ketika hampir sampai, hanya Allah yang menakdirkan segalanya, tabrakan/kecelakaan keras terjadi pada kendaraan tersebut; yang akhirnya menewaskan sang anak....

Dan kemudian sang ibu yang menjanda dan berkalut cemas datang ke jalan tersebut; melihat ada kerumunan...lalu ia mendatangi cepat-cepat mencari-cari anaknya dan...ia pun menemukan anaknya...mati...



No comments:

Post a Comment