Thursday, August 30, 2012

LEUWI

oleh Hasan Al-Jaizy

Ada yang tahu palung? Atau, ada yang mengatakan itu juga bernama Kedung. Kalau di Sunda, katanya itu bernama Leuwi. Di Kab. Bogor, ada kecamatan atau daerah namanya LeuwiLiang.

Yang diceritakan oleh saudara2 saya, ketika mengunjungi rumah mereka di Ciamis, Luwi itu adalah semacam bagian terdalam di sungai namun di titik-titik tertentu. Biasanya ada di pinggiran. Konon itu seperti sumur alami yang kedalamannya tak terketahui. Di dalam Leuwi terdapat beberapa celah, lubang dan rongga. Nah, di dalamnya terdapat perputaran air dan juga aliran dari lobang2 tersebut.


 Leuwi di Sungai Cijulang, Ciamis

Kalau di Sungai Cijulang, sungai yang cukup besar [namun bulan2 ini sedang cetek], ada beberapa Leuwi yang juga pernah memakan

korban. Dipercaya oleh masyarakat sekitar, orang yang tenggelam di leuwi tersebut dan tidak tahu letak celah, maka ia akan hanyut dan takkan terselamatkan. 

Jika ada orang yang tenggelam dan hilang di sebuah leuwi, biasanya orang kampung akan menamakan leuwi tersebut dengan nama korban. Jika ia bernama Atep, maka dinamakan Leuwi Atep. 

Kemarin sempat ziarah ke satu leuwi yang pernah memakan korban. Entah, kalau di Jateng mungkin dinamakan 'blumbang', genangan air yang tidak ketahuan kedalamannya. Leuwi yang kita ziarahi dipayungi oleh sebuah pohon yang akarnya sangat bagus namun mengerikan. Dan di atasnya juga ada akar yang membentuk seperti ayunan. Mungkin kalau malam para kunti main ayunan di sana. [mulai deh, mistisnya keluar]


Mencoba Mengukur

Lalu saya mencari kayu yang agak panjang. Tujuannya untuk mengira seberapa dalam leuwi tersebut di bagian sisi, bukan di tengah. Akhirnya ketemu rating panjang. 

Saya pun mencelupkannya ke sisi leuwi dan merambat jangkauan agak ke tengah. Nah, ketika mau mengarah ke tengah, tiba-tiba ranting yang saya pegang tersebut tidak bisa menembus ke bawahnya. Rasanya seperti ada penghalang, namun berupa tenaga yang membuat saya merasa seakan ada putaran air di sana. Entahlah. 

Mungkin ada yang bisa memberikan info lebih tentang Leuwi. Ini sebatas pengetahuan dari beberapa saudara saja dan sedikit pengalaman. Jika ada perbedaan pemahaman, maka semoga dimaklumi.


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/434914173216640

No comments:

Post a Comment