Saturday, August 18, 2012

Tidak Terdidiknya Fikiran Beberapa

oleh Hasan Al-Jaizy

Beberapa point tentang tidak terdidiknya fikiran beberapa orang Indonesia:

[1]
Orang Indonesia A: "Program XXX di TV tidak mendidik! Sampah! Lebih baik di-remove saja!"
Orang Indonesia B: "Kayak kamu tidak biasa menonton program tak mendidik saja. Kamu mencela sinetron dengan alasan tak mendidik, sementara kamu menonton berita kriminal [korupsi/pidana] atau pertandingan olahraga atau tayangan hiburan lainnya. Memangna itu semua mendidik???????"

[2] Mbok yo kalo sebal dengan program jangan menyinggung 'pendidikan'. Kalau membenci sinetron, jangan memakai kata 'didik'; siapa tahu situ juga menonton program lain yang juga tidak mendidik!? Kalau benci sepakbola, jangan beralasan 'karena tidak mendidik'; siapa tahu situ malah menonton gosip, yang malah lebih ga mendidik. Berkoar menyinggung urusan 'pendidikan' tidak memastikan kamu orang berpendidikan dalam berkomentar dan berargumen, kan?

[3] Kalau mau didik-mendidik lebih terjalin, setidaknya mulai dari diri sendiri juga. Yang penting usaha dulu.

[4] Lalu, jangan bicara: 'Pantes bangsa kita ga maju-maju; ya nontonnya tayangan tak mendidik!' jika ternyata kamu juga termasuk bangsa kita dan kamu juga ga maju. Terlebih jika kamu juga menonton tayangan tak mendidik. Protes ke orang lain ya boleh, tapi yo protesi diri sendiri juga donk kalau ternyata juga melakukan.

[5] Sekarang, tayangan mendidik itu seperti apa, toh? Apa seperti apapun yang diinginkan olehmu saja atau gimana? Sudah mendidik diri untuk meminimalisir nonton TV, belum? Oalaah, jebule....rupane...nyuruh orang supaya berpendidikan, tapi sendirinya menghabiskan waktu main game online atau di HP. Sini, tak jewer jenggotmu.


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/431569143551143

No comments:

Post a Comment