Friday, August 31, 2012

Yang Membuat Anda Senang!

oleh Hasan Al-Jaizy

Ada beberapa hal yang membuat Anda tak bisa merasakan apapun kecuali rasa senang:

[1] Setelah Anda dicoba dengan kehimpitan dan kesulitan, lalu berfikir dan merenung. Anda berusaha untuk mencari jalan keluar dan hati tak lepas dari tambatan pada mengingat Allah. Sembari berdoa Anda berjalan sendiri. Setelah beberapa masa, Allah menjawab semua pertanyaan dan melepas segala ikatan kesulitan. Nah, di titik momen inilah, Anda serasa menjadi orang yang paling senang; karena Anda semakin yakin bahwa Allah menyayangi Anda, sebagai hamba-Nya yang syukurnya bersabar.

[2] Ketika Anda bisa membantu orang atau melepaskan kesulitan orang, padahal Anda juga berada di masa sulit dan butuh bantuan. Walaupun dibauri rasa sedih [karena sendirinya juga kesulitan], namun jangan abaikan rasa senang di hati. Betapa sedikitnya orang yang tak hendak membantu di saat dia juga butuh bantuan.

[3] Bagi seorang pelajar: Membaca buku, dan benar-benar memahami apa yang dibaca. Menyimak kajian, dan benar-benar memahami apa yang disimak. Terlebih jika ternyata apa yang kita baca/simak telah menjawab beberapa tanda tanya dan menghanyutkan kegalauan menuju ketiadaan. Karena itu, bisa saja Anda lihat seseorang yang sedang asyik membaca buku akan tampak kecewa ketika Anda potong waktunya. Atau seseorang yang sedang asyik menyimak kajian, dan Anda colek pundaknya. Karena mereka sedang menikmati sebuah hal yang menyenangkan.

[4] Bagi seorang pengajar: Melihat seorang hadirin mengangguk tanda mengerti dan memahami, meskipun sebenarnya tiada manusia tahu persis fikiran orang lain. Atau melihat semua hadirin benar-benar menyimak penjelasannya. Lalu ia pun selesai dan keluar dari majelis tersebut dengan rasa bahagia, bahkan terkadang hingga berbinar mata karena merasa senang usahanya mengajar tidak disia-siakan. Dan hal semacam ini tidak akan pernah benar-benar dirasakan kecuali oleh seorang pengajar/guru/syaikh/ustadz/muballigh/dai/khatib dan semacamnya.

Seperti kata Nabi: "Orang beriman adalah orang yang senang akan kebaikannya"....selama kebaikannya adalah kebaikan secara syar'i dan tidak melanggar. Kita semua ingin senang dengan kebaikan....jika begitu adanya kita, maka apakah kita sudah berbuat baik pada orang dan menyenangkan?


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/435529716488419

No comments:

Post a Comment