Monday, August 6, 2012

ULAMA’ NUSANTARA SAAT INI DAN MASA LALU

oleh Hasan Al-Jaizy

ULAMA’ NUSANTARA SAAT INI DAN MASA LALU

[1] Jika sekarang banyak Ulama’ Nusantara yang mengimpor ilmu agama dari luar, bahkan cenderung terima jadi atau pasrah bongkoan, justru dahulu banyak Ulama’ Nusantara yang malah mengekspor ilmunya ke luar Negeri. Banyak Ulama’ Nusantara yang namanya telah dikenal oleh seantero negeri karena kualitas keilmuannya yang tak diragukan lagi.

[2] Jika sekarang banyak Ulama’ yang hanya menerjemahkan fatwa jadi dari Arab ke Indonesia, justru dahulu banyak Ulama’ Nusantara yang malah berfatwa dan menuliskan karya-karya mereka dengan bahasa arab. Bahkan karya-karya itu selalu dikaji sampai saat ini.

[3] Jika sekarang banyak Ulama’ Nusantara yang merasa cukup dan bangga dengan hanya menjadi pendengar, atau pernah bermulazamah menghadiri kajian Syeikh di Masjidil Haram, justru dahulu beberapa Ulama’ Nusantaralah yang menjadi Syeikh-syeikh itu.

3 point di atas adalah tulisan teman sekelas sekaligus rekan dakwah dunia maya-nyata ana, yang namanya -ana fikir- tidak perlu disebutkan di sini demi maslahat; mengingat ada beberapa kata di setiap point yang tidak akan disukai pihak-pihak tertentu.

No comments:

Post a Comment