Sunday, August 19, 2012

Ketergelinciran Alim dan Jahil

oleh Hasan Al-Jaizy

Beberapa point tentang ketergeliciran orang berilmu dan orang bodoh:

[1] Orang berilmu bisa tergelincir disebabkan riya, sum'ah, ujub dan takabbur. Juga ketidakinginan mengamalkan ilmunya merupakan sebuah fitnah besar bagi dirinya. Betapa banyaknya ketergelinciran ini di zaman sekarang. Apakah aku termasuk? Nas'alullaha as-salaamah.

[2] Orang bodoh tidak memerlukan riya, sum'ah, ujub dan takabbur agar tergelincir; karena kebodohannya sendirilah yang akan dengan sendirinya menggelincirkan ia. Dan ketergelinciran itu akan lebih teruk lagi jika ia bodoh namun berbicara dan menetapkan. Apakah aku termasuk? Nas'alullaaha as-salaamah.

[3] Tiap-tiap manusia pasti pernah dan akan masih sempat tergelincir dalam kesalahan. Jika orang berilmu saja bisa tergelincir, maka barang tentu orang bodoh lebih-lebih. Kalau begitu, mau jadi orang berilmu atau bodoh?

[4] Salah satu bibit ketergelinciran orang berilmu adalah merasa cukup dengan ilmunya. Ketahuilah, meskipun benar-benar tiap detik dalam detak hidup seseorang mencari ilmu syar'i dan menghafal segalanya, ia TIDAK AKAN mampu meraup semuanya...tidak mungkin seluruh ilmu syar'i dikuasai satu orang hingga mendetail segalanya.


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/431868036854587

No comments:

Post a Comment