Wednesday, August 1, 2012

Beberapa Point

oleh Hasan Al-Jaizy

Beberapa point untuk siapapun:

[1] Pilihan sebagai 'Close Friend' atau 'Teman Dekat' di Facebook ini membuat Anda akan mendapat notifikasi setiap teman dekat Anda itu meng-update sesuatu. Dan dia tidak tahu akan hal ini. Sementara Anda selalu tahu semua update-an statusnya.

[2] Salah satu keberkahan tanah Indonesia adalah tumbuhan bisa hadir di atas pasir, bebatuan bahkan tembok sekalipun. Atau Anda cukup mengumpulkan segumpal debu di kamar, tunggu beberapa hari ada kemungkinan 'penampakan' terjadi.

[3] Dulu, saat kami nyantren kelas 3 SMA [Aliyah/I'dad Mu'alimiin], kamar kami di lantai 3 asrama. Ada debu terkumpul di kolong ranjang teman saya sebelah pojok dan tidak dihiraukan siapapun karena tidak mudah dijangkau dan terlihat. Dan suatu hari, kami kaget karena tiba-tiba ada 'pohon' tumbuh di kumpulan debu tersebut. Kata 'pohon' tadi sekedar hiperbotol ya, gan. Maksudnya ya: tumbuhan [bukan rumput kecil].

[4] Sekarang apa hubungannya teman dekat dengan tumbuhan? Ya, ada, gan. Intinya adalah 'ketika kamu kesepian tak berteman, jadikan tumbuhan sebagai teman atau cerminan'. Kok bisa?


 KOK BISA???

--> Bisa, karena dengan melihat tumbuhan bermacam; terlebih dari genteng memandangnya, kamu memandang kemegahan, kekuasaan dan keragaman kreasi Rabb yang tak tertandingi.

--> Bisa, karena dengan melihat satu daun saja, kamu bisa mengingat hidup dan matimu. Coba perhatikan garis tengah daun: "Awal garis berasal dari garis batang. Garis batang itu bagaikan tali rahim ibumu, dan awal garis itu adalah masa bayi-mu. Lalu garis berakhir di keruncingan seperti tamatnya riwayatmu di dunia."

--> Bisa, karena dengan mengamati tumbuhan, kamu sadar betapa kecilnya kamu. Dan betapa sombongnya kamu terkadang. Ingatlah ketika kamu menginjak-injak rumput; karena kecil dan remehnya. Nah, sekarang lihatlah pepohonan kokoh dan besar; bayangkan jika mereka menginjak-injakmu karena kecil dan kerdilnya kamu.

--> Bisa, karena tumbuhan bisa kau temukan hampir di mana-mana. Mereka bagaikan buku yang memberi ilham pada orang-orang berakal dan berfikir. Pertanyaannya: Apakah kamu termasuk orang-orang yang 'berfikir'?


Pertanyaan lainnya:

Teman2 di FB misalnya, bagaikan tumbuhan/pepohonan. 

Satu teman, lihat apakah ia rimbun atau kering. Jika ia rimbun, apakah kamu mengambil faedah dan ilham melaluinya? Jika ia kerontang, apakah kamu pernah merawat atau mengairinya?


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/425741187467272

No comments:

Post a Comment