Monday, October 1, 2012

Hujan-hujan

oleh Hasan Al-Jaizy

Hujan ini ingatkan ku pada teman-teman FB, yang kala hujan di tempat mereka, rasa syukur terhatur hingga terkecap di status. Mereka katakan, 'Alhamdulillah, hujan. Allahumma shayyiban naafi'a.' Yang dengan status tersebut, bisa jadi [dan semoga] mereka mendapat pahala beragam. Pahala syukur, pahala karena mengantarkan seseorang pada sebuah kalimat yang disunnahkan terucap kala turun hujan: 'Allahumma Shayyiban Naafi'a'.

Hujan ingatkan ku pada suatu tengah malam ketika remajaku di Salatiga. Ketika itu ku dan teman dekatku berdua tersasar di kaki gunung. Suasana mencekam karena derasnya hujan dan kabut secara ngeri menyelimuti. Bayangkan, ketika kami mengangkat tangan kami ke depan muka, pekat kabut membutakan mata dari apapun! Dingin yang sedingin-dinginnya...kami berjalan meraba menyusuri jalanan mobil.

Hujan ingatkan ku pada suatu sore berjalan sendiri menyusuri rel Sukabumi-Bogor di tahun 2009 yang ketika itu sedang tidak aktif. Setelah berjalan berkilo-kilo melewati stasiun Cigombong [Bogor] yang berupa mayat, meneruslah aku hingga akhirnya berjalan di tempat sepi sekali. Sebabnya, tidak ada rumah warga di sekitar. Sebelah kanan rel adalah semacam tebing, yang di atasnya ratusan hingga ribuan kuburan Cina. Dan sebelah kiri adalah Sungai Cisadane yang saat itu sedang beraliran ganas. Di seberang Sungai, adalah kebun liar tanpa manusia hendak menghuninya. Jam 5 sore, ketika itu, tiba-tiba hujan turun dengan derasnya tanpa ampun. Terhujani di tengah keterasingan dan keterkecaman.

Hujan ingatkan ku pada teman-teman lamaku di Salatiga. Tak satu cerita saja yang ada, namun bersirat-sirat. Hujan ataupun kemaraunya musim, segala kenangan dengan teman-teman ini, akan selalu basah dalam ingatan.

Dan mungkin setelah membaca beberapa paragraf di atas, ada yang belum terfikir: 'Ingatkah kamu pada Yang Menciptakan hujan?' Jawabannya ada di kalimat 'Allahumma Shayyiban Naafi'a'.


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/446990428675681

No comments:

Post a Comment