Sunday, October 14, 2012

Sedekah Untuk Yang Butuh


oleh Hasan Al-Jaizy

Jika Anda punya dan bisa, maka sisihkan ia untuk yang tidak punya.

Sungguh ada di antara saudara-saudari Anda seiman, yang ingin punya dan mampu seperti Anda, lalu berharap bisa menyumbang dan sedekah untuk umat. Hanya saja, mereka berbeda. Jika Anda tinggal tekan tombol, mereka hanya mampu tekan hati dan jiwa. 

Di antara mereka yang bersedekah, ada yang sebenarnya sedang terhimpit hajat. Namun rela sisihkan sebagian untuk selainnya.
Di antara mereka yang bersedekah, ada yang cepat melupakan amalan yang mulia ini; karena saking gampangnya 'uang' baginya.

Maka sisihkan yang terpunya jika memang bisa; sebelum Anda menjadi seperti mereka yang ditakdirkan hanya mampu bermimpi dan berharap.

Biarpun Anda pernah merasakan tidur di atas tanah dan tidak enaknya, Anda tidak akan pernah benar-benar tepat merasakan rasanya sebagai tanah; karena memang Anda tidak pernah menjadi tanah.

Pula begitu Anda pernah merasakan tidur di pemukiman kumuh dan miskin, Anda tidak akan pernah benar-benar tepat merasakan rasanya sebagai mereka; karena memang Anda tidak pernah menjadi mereka.

Tapi, setidaknya, jika Anda pernah merasa benar seperti mereka, itu sebuah rasa yang mahal. Semua orang mengaku iba pada sandal dan lilin, namun iba mereka hampir semuanya sebatas pengakuan. Pengakuan itu murah, namun perasaan murni itu mahal.

No comments:

Post a Comment