Tuesday, October 9, 2012

Kalau Kamu Menjadi Aku...


oleh Hasan Al-Jaizy

Kalau kamu menjadi aku, kamu akan mengatakan bahwa Facebook is a serious business, yang bisa menjadi wadah juga wasilah untuk memanen pahala dan dosa. Bisa juga menjadi wadah dan wasilah untuk mengasah kemampuan plus modal merajut masa depan..

Kalau kamu menjadi aku, kamu akan fahami alasanku mengapa seringnya menulis dan membaca sebelum menulis. Mengapa juga yang tertulis seringkali hal-hal tidak penting yang dipenting-pentingkan. Kamu akan fahami alasanku.

Kalau kamu menjadi aku, kamu akan merasakan bahwa semua yang terjadi adalah pelajaran dan selalu berhikmah. Jikalau tiap-tiapnya terdeteksi dan dipetik untuk diserap di jiwa, akan menghasilkan buah pemikiran yang membuatmu merasa besar di terkucilnya kamu dan merasa kecil di besarnya jiwamu.

Kalau kamu menjadi aku, kamu akan memahami bahwa ketersendirian itu bukan masalah, selama jiwamu tidak kosong. Ketersendirian itu ada karena tiada menemani. Sementara jiwa yang tidak kosong, selalu merasa ada yang menemani. Dia menemanimu. Dan kamu akan fahami bahwa alam menemanimu.

Kalau kamu menjadi aku, kamu takkan ingin menjadi orang lain. Kamu akan bersyukur menjadi diri sendiri; meski nasib berbeda-beda dan karena perbedaan itulah adanya keseimbangan. Karena jika segalanya equal dan sama, maka tidak akan ada yang saling mengisi dan mengerti. Maka, aku pun bersyukur tidak menjadi kamu, dan kamu memang sebenarnya tidak perlu menjadi aku. Be yourself!

No comments:

Post a Comment