Tuesday, September 11, 2012

Anda Gantian Menulis!


oleh Hasan Al-Jaizy

Berkali berselancar di Kompasiana, saya mendapat satu user yang rupanya adalah seorang penulis 'cilik' di blog 'keroyokan' tersebut. Dia baru lulus SD, namun sudah memiliki beberapa post tulisan tentang berbagai hal, mulai dari guru-guru favoritnya, kesenangannya akan HP Android dan lain-lain. Walau masih ada kesan childish dalam beberapa kalimat terjabar, tapi saya pribadi cukup kagum dengan kemampuannya mengutarakan yang terfikir lewat tulisan di umur belia.

Di usia semuda itu, ia sangat berpeluang kelak menjadi penulis handal dan ilmiah. Yeah, kalau melihat hal semacam ini, biasanya hati akan terpincut, ingin juga seperti dia dan perasaan-perasaan aneh pun mulai beredar. Tapi, terkadang kita sendiri yang tidak pernah mau berusaha memulai. Jikalau sudah sekali mulai, kita menyerah lalu melupakannya.

Oh ya, by the way, tiap hari Anda membaca status orang gak? Tiap hari membaca berita di koran ataupun internet gak? Tiap hari Anda membaca tulisan2 ilmiah religius karya teman2 gak?

Jika iya jawabannya....sekarang...Anda yang gantian menulis. Ayo, mulai dan teruskan....stuck? Stagnasi? Sampai kapan berharap jadi?

Oh ya...

Tulisan anak yang baru lulus SD itu dibaca oleh puluhan hingga mungkin ratusan Kompasioner yang rata2 orang2 kantoran, intelek dan dewasa. 

Sebagaimana membangun sesuatu lebih sulit daripada meneliti di mana kesalahannya, maka menulis sesuatu lebih sulit dibanding mengomentarinya, apalagi sekedar menekan tombol 'like' nya.

Tapi, bangunan dan tulisan, harga dan karyanya adalah milikmu, bukan milik liker, bukan pula reader, bukan juga komentator.

No comments:

Post a Comment