Thursday, September 27, 2012

Intinya Kan Sama Saja!

oleh Hasan Al-Jaizy

Walaupun tidak sama di semua sisi:

-> Candu FB, Candu BBM, Candu Nge-blog, Candu Tweeting, Candu SMS atau semacamnya untuk zaman ini. Intinya sama: CANDU

Kenapa candu FB, tweeting dan SMS seperti dikelas-rendahkan? Karena memang terdengar seperti komunikasi kelas rendah, standar, ga mutakhir.

Kalau BBM, kenapa seperti kasta di atas ketiganya? Karena alat yang digunakan terkesan lebih 'bergengsi' dan mutakhir. Padahal, banyak kondisi, pecandu-nya sama saja. Bicara omong kosong, ketawa-ketiwi sana-sini, cuma untung dapet maklumat dan info mutakhir nan cepat.

Kalau Blogging, kesannya karena 'Wah, dia punya blog; berarti suka nulis.' yang mencerminkan orang berpendidikan dan berkelas. Kalau blog-nya cuma curhat, gosip, bertopik duniawi semata, tetap lebih keren kali ya dari SMS-an?

Tapi, intinya semua sama; karena semuanya adalah 'alat', perantara, wasilah dan wadah. Tergantung penggunanya juga. Pengguna FB, Twittet dan [minimal] SMS untuk hal bermanfaat ya tentu saja lebih baik daripada pengguna BB sekedar xixixixi atau wkwkwk. Dan jangan-jangan untuk menyembunyikan dan menutup-nutupi kelalaian akut yang sering dilakukan dengan HP BB, mereka menjelek-jelekkan produk lain di bawahnya.

Kalimat: "Jangan FB-an terus!" "Jangan SMS-an terus!" "Jangan Twitter-an terus!"

sendirinya, sedikit-sedikit rogoh HP BB, memeriksa ada notifikasi baru ga. You've got it!

Belum lagi yang ini:

Mengeluh sambil ngejek: "Kamu kok buat status mulu sih. Ga ada kerjaan lain apa?"

Padahal bisa jadi si pengeluh+pengejek ini membuat komentar melulu di status2 teman2nya. Yang jika dikumpulkan dalam sehari semua komentar [mulai dari xixixixi, wkwkwkwk, sampe Jiaah, baru tahu loe!?], maka akan menjadi beberapa halaman di buku catatan; karena banyak.

Jadi, kalau masalah 'ga ada kerjaan', semua orang itu ada kerjaan. Bikin status, komengtar, nge-like, nge-blog, nge-twit sampe buru-buru ngecek notopikasi BB, adalah 'kerjaan'. Masalahnya: kerjaan tersebut bermanfaat apa ga!?

Itu dia. Bermanfaat atau tidak? Percuma kan petantang-petenteng gaya-gayaan dengan alat modern, tapi cuma bisa nyimak terus xixixixi wkwkwkwk. Berikan manfaat ke orang lain. Jika belum bisa atau belum punya materi-nya, setidaknya beri manfaat pada diri sendiri.

No comments:

Post a Comment