Saturday, September 8, 2012

Rihlah Ke Kebun Raya Bogor


oleh Hasan Al-Jaizy

Selagi luang, tadi sempatkan diri pergi ke luar kota. Ke Bogor bertujuan Kebun Raya Bogor sendirian. Terakhir ke sana tahun 2002/03 bersama beberapa teman pondok saat liburan, Ali, Aziz, Dover, Ibenk. Sayang kali ini sendirian.

Pengunjung untuk hari ini sedikit sekali [selain karena Hari Jum'at, saya juga baru masuk jam 3 sore alias kesorean]. Tapi, meskipun sendirian, saya merasa kesepian. Mau ngobrol entah sama siapa. Mau bercanda juga sepertinya tidak ada manusia yang bersedia. Di sana memang banyak juga pohon-pohon beringin dengan tali-tali dan akar-akaranya yang kurang bagus kalau dijadikan tempat bengong. Tapi, sayang sekali, tidak ada penampakan.

Di beberapa situs, ada tempat sepi [namun masih dilewati orang] yang pas untuk dijadikan tempat memadu kasih atau mengasih madu satu sama lain. Syukur-syukur saya tidak memergoki pasangan-pasangan ilegal di sana. Kalaupun mereka kepergok, mereka juga akan ketakutan. Anehnya, saya juga kayaknya bakal ikut ketakutan. Ah, sudahlah....

Sempat tadi melihat ular berukuran sejari. Tidak berbisa namun menyerang. Ia awalnya kabur ketika merasakan hawa kedatangan saya. Meski tak sempat mengambil, cuma syukurlah sudah bisa melihat dia. Tadi, kedua pandangan mata kita saling beradu. Cuma, dia kemudian kabur ke atas pohon besar. Mungkin, dia sudah punya pasangan, sehingga mencueki saya. Atau, mungkin saja ia bukan betina, sehingga tidak tertarik dengan jenggot saya. Ah, biarlah...

Ada satu situs yang sebuburnya saya kurang berani [padahal tidak berani] untuk memasukinya; karena terlihat cukup liar dan bukan jalanan untuk manusia. Atau sudah lama tidak dijamah manusia. Kapan-kapan insya Allah kita akan ke sana kembali.

However, pergi sendiri dan pulang sendiri. Suatu saat insya Allah saya tidak pergi sendiri dan pulang sendiri. Ini bukan status kegalauan; hanya reportase rihlah saja. Jika dianggap status kegalauan, justru saya bisa balik bertanya: 'Anda sendiri sedang galau ya?'


No comments:

Post a Comment