Tuesday, November 13, 2012

Di Kolong Langit, Masih Ada Kalong Wewe!

oleh Hasan Al-Jaizy

Sebenarnya dari dulu, tapi akhir2 ini emak saya beberapa kali mengutarakan keinginannya: pengen banget pergi ke bandung. Yang anehnya, makin kemari saya secara natural juga mau ke kota itu. Anggap aja ini kebetulan. Tapi, saya jadi berfikir ada sesuatu di sana yang tidak kita berdua ketahui. Tidak diketahui sekarang, bisa saja teungkap kapan-kapan. Padahal kita ga punya siapa-siapa di sana.

Saya bertanya, 'emangnya di sono mo ngapain kita?'

'Ya ga tauk! Yang penting ke sono aje. Cuma pergi naik bis jalan-jalan terus turun di mana gitu. Ngadem. Abis itu balik lagi kemari (jakarta),' tutur emak saya. Balasan dari saya cuma senyum aja deh. Wong saya pengen ngajak emak dan adek2 ke Kebun Raya Bogor buat ngambil pusaka2 yang tertimbun aja ampe sekarang masih jadi rencana kok. Ga ada celah realisasi. Apalagi ke Bandung. wkwkwk.

Diajak ziaroh ke Kali Ciliwung, museum WC terpanjang di kota ini, malah pada ga mau. Padahal saya tahu sebuah situs misterius di tepi kali. Sebuah tempat dinaungi bambu besar alami.

Di dekat makam habib juga ada bukit bagus. Bukit sampah. TPS sumbangan RT sekitar. Tapi pada ga mau. Maunya yang jauh2 di bandung. Di sana memang ada kali dan bukit, tapi ada bagusnya kita kunjungi kali dan bukit terdekat dulu. Lalu kita komparasikan mana yang lebih menyakitkan.

Banyak keinginan emak belum terpenuhi. Dan memang ga semuanya harus dipenuhi. Sekarang pendem aje dulu deh. Kite punya rencana dan usaha dikit sikit. Mudah2an pas saya lulus kuliah nanti bisa ngebawa emak dan rombongannya ke dreamland. Dreamland itu sekarang masih bernama neverland. Sekarang cuma bisa bertualang di mimpi aje. Insya Allah ada masanya ditentukan.

Kalau mau ngerasain ketinggian, harus ngerasain kerendahan dulu. Kalo ga pernah ngerasain kerendahan, ntar ga tau diri di ketinggian. Kalo ga tau diri, itu berarti: lupa daratan. Wong buaya darat aja harus ingat darat kok demi mangsa incarannya.

Bagaimana caranya ngebujuk manusia supaya kita bisa kemping bareng di tepi kali ciliwung yang kotor itu atau kemah di bukit sampah? Biar sama ngerasain kalo kita bukan yang paling kesulitan mendapatkan dreamland. Biar ngerasaain kalau di sana ada banyak orang tesiksa kurap dan keracunan gara2 tinggal di tepi kali atau dekat sampah. Dreamland mereka lebih sederhana. Dapet makan siang dengan lauk secuil tongkol aje udah berase gimane. Kalo kite mah tongkol buat makanan kucing. Atau sekali sikat buang ke tong sampah padahal sisanya bisa buat ngehapus air mata di pipi sebagian orang.



No comments:

Post a Comment