Thursday, November 15, 2012

Hasad

"Hasad"

Beliau berkata:

الحسد يأكل الحسنات كما تأكل النار الحطب

"Hasad [Dengki] melahap kebaikan-kebaikan sebagaimana api melahap kayu bakar."

Karena mayoritas pendengki akan menzalimi orang yang didengki dengan cara menyiarkan keburukannya sehingga manusia lari darinya. Dan hal ini termasuk dari dosa-dosa besar, yang kadang bisa meruntuhkan kebaikan-kebaikan diri pendengki.

Setiap seorang pendengki melihat kenikmatan yang diperoleh mahsuud [orang yang didengki] bertambah, semakin bertambahlah kekesalannya dan semakin menyempitlah hati.

[Kitab Al-Ilm, hal. 78]

Jika pendengki itu adalah seorang wanita, maka keburukan dan dampaknya akan lebih besar lagi. Karena itu, jika seorang wanita sudah dikenal sebagai pendengki, pasti lisannya suka menularkan kotoran pada manusia. Sedangkan wanita dikenal lebih banyak berbicara dibanding lelaki. Semua pendengki itu buruk, namun pendengki dari kaum hawa lebih buruk lagi dampaknya.

[Fawaaid min Al-Utsaimiin bukan berupa terjemahan baku, melainkan terjemahan dengan pengalihan bahasa dan penambahan beberapa makna oleh pemilik status. Namun pembahasannya terpaku pada yang ada, tanpa melebar jauh, kecuali jika ada pentingnya. Dan semoga tidak diperlebar jauh]

No comments:

Post a Comment