Friday, December 7, 2012

CAT : [13] "MENGENAL BEBERAPA DOSEN KAMI"

oleh Hasan Al-Jaizy


[1] Syaikh Dr. Ajuuz, seorang doktor dari Mesir. Dosen yang satu ini terkenal dengan ilmunya yang luas, telaten, rajin dan suara yang menggempakan kelas. Sulit tidur ketika hadir di kajian beliau, meskipun sudah diniatkan sebelumnya bulat-bulat. Beliau ahli dalam ilmu Hadits [Musthalah], dan Fiqh. Beliau pernah mengkaji Fiqh Perbandingan dengan kitab Bidayatul Mujtahid beberapa pertemuan di semester 2 Syariah, kemudian Fiqh-Hadits dengan kitab Subulus Salam di semester 2 dan 6. Pernah juga beliau mengajar Tafsiir selama satu semester dengan kitab Fathul Qadiir.

[2] Syaikh Dr. Al-Azaazy, seorang doktor dari Al-Azhar, Mesir. Beliau spesialis ilmu Ushul Fiqh. Biarpun kadang lucu terlihat, namun tegas dan garang. Tegas dan garangnya pun lucu. Tapi, lucunya itu tegas dan garang. Mahasiswa yang terlambat beberapa detik atau menit setelah ia masuk, akan dipukul punggungnya sebagai hukuman. Beliau mengajar kami Ushul Fiqh dengan kitab Raudhatun Naadzir.

[3] Ustadz Kyai Muhammadun Lc, MA, seorang pakar fiqh asjowo, alias aseli dari jowo. Logat

jawa beliau kental. Kalau melucu, hadirin bisa terpingkal-pingkal. Beliau berwawasan luas soal Fiqh. Beliau pernah mengkaji kitab Bidayatul Mujtahid dan Fiqh Mu'amalat Ash-Sharfiyyah.

[4] Ustadz Mahmud bin Abdus Salaam, Lc. Nah, dosen ini spesial sekali. Jika dibanding-bandingkan, Ust Mahmud ini adalah dosen yang pualing juenius di antara siapapun yang pernah mengajar kami. Beliau adalah seorang maniak buku. Bisa berdiri lama di depan rak perpustakaan karena keasyikan membaca sebuah buku. Meski derajat beliau masih Lc [S1], namun otak dan pengetahuannya setara Doktor [S3]. Semua bidang dikuasai. Bisa mengajar semuanya, baik itu Fiqh, Fiqh Faroidh, Ushul Fiqh, Tafsir, dan semuanya. Selain dikenal jenius, beliau dikenal paling hebat dalam melucu. Herannya, ketika beliau melucu, semua mahasiswa tertawa menangis saking lucunya, sementara beliau tidak senyum sama sekali. Dosen satu ini pernah mengajar kami ketika masih I'dad Lughowy, saat Takmily, dan pernah pula di Syariah tak seberapa lama. Beliau tahu banyak hal. Aslinya pendiam, namun jika diajak bicara tentang apapun, beliau akan nyambung dan menjadi ahli topik. Wah wah...

[5] Ustadz Dr. Syawaai, seorang doktor bidang Lughoh Arabiyyah. Berasal dari Saudi Arabia. Suara beliau ketika mengajar agak pelan, sehingga membuat beberapa mahasiswa mengangguk-angguk sendiri. Beliau mengajar Nahwu dengan kitab Awdhahul Masaalik. Terkenal 'sadis' ketika memberi soal di ujian. Terkenal 'sadis' pula dalam memberi nilai.

[6] Ustadz Dr. Muslih Abdul Kariim, MA, seorang doktor asjowo jugo. Beliau adalah ustadz yang terkenal pualing ramah dan murah senyum. Disenangi orang-orang. Marahnya beliau hanya sebatas guratan kecil di wajah lalu tersenyum kembali. Namun, justru itu sangat membekas. Beliau mengajar kami di I'dad Lughawy, juga Tafsir dan Al-Qur'an di Syari'ah.

[7] Ustadz Azhari, MA, adalah dosen ketika kami masih I'dad dan Takmily. Beliau memiliki suara lantunan Al-Qur'an yang bikin kangen.

[8] Ustadz Thayyib Thaahir, adalah ahli bahasa Arab dan Tarbiyyah. Beliau berasal dari Sudan. Mengajar kami bahasa Arab di I'dad Lughawy. Di Syariah, beliau mengajar Ushul At-Tarbiyyah.

Sekian perkenalan beberapa dosen kami -hafidzahumullah-. Semoga mereka senantiasa dirahmati Allah dan diganjari jasa-jasanya.


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/471307086244015

No comments:

Post a Comment