Sunday, December 2, 2012

SEDEKAH JEMPOL


oleh Hasan Al-Jaizy

"SEDEKAH JEMPOL"

oleh: Bang Ust. Fathurrabbani Fathi Jawas [muridnya ustadz ane sekaligus kakak kelas waktu mondok dan ngampus]

MATAN:

Like dalam sebuah status atau komen itu tidak lantas menjadi dalil bahwa yang me-like setuju dengan status tersebut..

Bisa jadi si pe-like hanya sedekah jempol,

Atau si pe-like ingin membalas kebaikan si empunya status yg sudah me-like statusnya,

Atau si pe-like kagum dengan kecantikan/kegantengan si empunya status :D,

Atau si pe-like hanya ingin tebar pesona,

Atau si pe-like diam2 jatuh cinta kepada si empunya status :D :D,

Atau emang dasarnye tu status bagus jadi kudu di like,

Atau berbagai alesan laennye..

Jadi,urusan like me-like tu tergantung nawaitu si pelaku..makanye jangan ngerasa kinjong dulu kalo status ente ato komen ente banyak yang like, begitu juga sebaliknye jangan sedih kalo kaga ade yg nge-like..:D

=================================

SYARH [oleh Hasan Al-Jaizy]:

Perkataan beliau (Like dalam sebuah status atau komen itu tidak lantas menjadi dalil bahwa yang me-like setuju dengan status tersebut..) menunjukkan bahwa masih ada faktor lain selain 'setuju' yang mendorong manusia untuk menekan tombol 'like'. Beliau -hafidzahullah- kemudian menjabarkan satu-persatu faktor lainnya.

(Bisa jadi si pe-like hanya sedekah jempol) adalah faktor lain. Namun istilah 'sedekah jempol' belum dikenal sebelumnya oleh kalangan salaful Pesbuk, entah shalih atau mujrimnya. Tidak ada istilah 'Sedekah Jempol' dalam ranah syariat, urf ataupun bahasa. Sepertinya beliau membuat istilah baru yang berbau majas. Mungkin kalau jempol-jempol disedekahkan, akan jadi sop ceker jempol nantinya!?

(Atau si pe-like ingin membalas kebaikan si empunya status yg sudah me-like statusnya,) adalah sebuah kebaikan sebagai balasan atas kebaikan.

(Atau si pe-like kagum dengan kecantikan/kegantengan si empunya status :D,) Meskipun ini aneh, namun tidak mustahil terjadi. Karena cantik atau gantengnya pemilik status memberikan makna dan gambaran tersendiri pada beberapa bagian dari umat Pesbuk. Siapa tahu dengan nge-like statusnya, maka pemilik status tersebut [yang cantik/ganteng] akan melihatnya dan membuka profilnya.

(Atau si pe-like hanya ingin tebar pesona,) Kategori ini adalah hasil pemikiran Syaikh Fathi yang cermat dan realistis. Karena bisa jadi seorang liker tebar pesona melalui propic. Lalu, ketika ia menemukan ada teman dalam friendlist yang cantik/ganteng, ia membuka-buka statusnya dan nge-like beberapanya. Sehingga pemilik status tersebut, ketika buka Pesbuk, akan menemukan notifikasi dan mengecek. Lalu ketika cek notifikasi, terlihatlah wajah liker yang dimanis-maniskan di propic. Tingkah tebar pesona dengan cara nge-like status orang yang disukai, acapkali berlaku pada gadis-gadis remaja, atau yang sedang ingin sekali mendapat pasangan.

(Atau si pe-like diam2 jatuh cinta kepada si empunya status :D :D,) Saya tidak perlu menjelaskan ini panjang lebar. Takutnya ada yang tersinggung membaca penjelasan saya.

(Atau emang dasarnye tu status bagus jadi kudu di like,) bisa disebabkan kualitas materi status yang berbobot, atau ilmiah, atau menarik, atau lutchu gitoh, atau gaul, atau puitis, atau keren, atau kreatif, atau membuai, atau sepemikiran dengan liker dan lainnya.

(Atau berbagai alesan laennye..) tampaknya beliau sudah kehabisan ide.

(Jadi,urusan like me-like tu tergantung nawaitu si pelaku..makanye jangan ngerasa kinjong dulu kalo status ente ato komen ente banyak yang like, begitu juga sebaliknye jangan sedih kalo kaga ade yg nge-like..:D) Semoga si pelaku [pe-like atau liker] tidak melafadzkan nawaitu dalam memencet tombol 'like'; takutnya terjerumus ke dalam Bid'ah Hasanah Sayyi'ah Dholalah. Dan nasehat beliau -hafidzahullah-, jangan merasa girang, tinggi dan terbuai dengan banyaknya komentator atau liker di status. Dan jangan pula sedih karena sepi komentator dan liker.

Maka, saya [Asy-Sayyrih] mencukupkan syarh matan Al-Statusiyyah dari Syaikh Fathurrabbani sampai di sini dulu. Terima duit atas perhatiannya.

No comments:

Post a Comment