Thursday, January 3, 2013

Mentahdzir Maling


oleh Hasan Al-Jaizy


Sejujurnya saya merasa sebal sangat jika melihat suatu notes atau artikel blog yang saya tahu itu bukan hasil karya pemilik keduanya; melainkan hanya tekan Ctrl C + V atau retyping, namun sama sekali TIDAK menyebutkan sumber atau nama penulis aslinya [creator] atau minimal [ini paling minimal] menulis 'copas dari teman' dan kalimat semacamnya.

Kalau catatan atau artikel tersebut bukan hasil nukilan murni, melainkan hasil tulisannya yang mirip sekali dengan artikel lain, namun dibedakan gaya penyampaiannya dan berbeda kalimat-kalimatnya, maka ini layak disebut karyanya; karena memang ia memiliki hasil perasan otak di dalamnya. Bukan murni hanya gerakan singkat jemari.

Dan kebanyakan manusia yang melakukan itu [copas buta tanpa penyebutan sumber/link atau penulis asli] disebabkan beberapa hal:

[1] Ingin dipuji [terutama jika tulisannya bombastis, atau 'ngena', atau lucu sekali, sangat ilmiah dst]
[2] Tergesa-gesa; mungkin juga karena ingin menambah dan memperbanyak koleksi artikel di blognya.
[3] Kebiasaan.

Dan ketiganya buruk!

Hal semacam ini buruk sekali -dalam pandangan saya-; terlebih jika faktornya adalah nomor 1 di atas. Ketiganya adalah penyakit yang seringkali menjadi penyebab terhambatnya naluri berkreasi seseorang. Dan rata-rata orang yang semacam itu berkarakter 'ingin menampilkan sesuatu yang sebenarnya bukan dirinya atau bukan miliknya'!

Seperti seseorang yang berbaju gaul dan macho, semua orang memandangnya dengan takjub. Ia merasa senang sendiri; sembari menyimpan kenyataan bahwasanya baju itu adalah hasil pinjaman.

Lalu, bagaimana jika baju itu adalah hasil curian!!???

Penggergajian dalam status ini dikecualikan untuk artikel-artikel dan tulisan-tulisan yang sudah masyhur dan dikenal orang banyak.

No comments:

Post a Comment