Saturday, January 26, 2013

Sihir, Kesurupan dan Ihwal Manusia Bersama Jin

oleh Hasan Al-Jaizy

Fawaid 0023: "Sihir, Kesurupan dan Ihwal Manusia Bersama Jin"


Sihir adalah jimat-jimat [عزائم], mantra-mantra [رقى], dan buhul-buhul [عُقَد] yang mempengaruhi hati dan fisik. 

Sihir adalah murni kejahatan, kazaliman, dan permusuhan serta pelanggaran terhadap hak-hak manusia pada fisiknya, hartanya, akalnya atau interaksinya.

Sedangkan kesurupan adalah pergumulan [صرع] jin terhadap manusia dalamdirinya.

Kondisi Manusia Bersama Jin 

Jin adalah makhluk hidup berakal, menerima beban (taklif) perintah dan larangan dari Allah, serta mendapat pahala atau siksa. Berikut ini, hal-hal yang berkenaan dengan jin bersama manusia:

[1] Siapa saja dari kalangan manusia yang memerintahkan manusia maupun jin dnegan apa yang Allah dan Rasul-Nya perintahkan, berupa seruan dakwah kepada Allah untuk memerintahkan berbuat baik dan melarang berbuat munkar, maka ia adalah wali Allah yang mulia.

[2] Siapa saja yang memanfaatkan jin dalam hal-hal yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya, baik dalam bentuk kesyirikan, membunuh jiwa yang tak berhak dibunuh, atau permusuhan, seperti menyakiti orang lain, maupun dalam bentuk kekejian, semua itu adalah bentuk kerjasama dalam perbuatan dosa dan permusuhan terlarang.

[3] Siapa yang meminta tolong kepada jin dengan anggapan ia dapat memberi karamah (kesaktian), sungguh orang tersebut telah tertipu, karena jin telah memperdayainya.

[4] Siapa yang memanfaatkan jin dalam perkara-perkara mubah (yang diperbolehkan), maka sama halnya dengan memanfaatkan manusia dalam perkara yang dibolehkan. Seperti, membangun bangunan, memindahkan benda, atau lainnya. Maka, hal ini diperbolehkan.

14 Rabi'ul Awwal 1434


No comments:

Post a Comment