Sunday, November 6, 2011

Sedikit Tentang Khilafah

oleh Hasan Al-Jaizy

Khilafah adalah hibah dan hadiah termulia bagi umat Islam. Hadiah tersebut [khilafah] adalah janji dari Allah. Dan janji Allah takkan diberi tanpa ada syarat. 

Allah Ta'ala berfirman, yang maknanya:

"Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka BERKUASA dimuka bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa" [Q.S. An-Nuur: 55]

Dari ayat di atas, layaknya kita mengambil kesimpulan bahwa syarat agar mendapat 'hadiah' tersebut adalah:

1. BERIMAN. Dan perihal beriman bukanlah hal yang mudah dan ringan di neraca; karena kita harus mengetahui, mengilmui dan mengamalkan. Artinya: tegakkan dahulu kalimat TAUHID. 

Fact: Yang kita saksikan, beberapa ikhwan pemrakasa kalimat 'Khilafah' justru meremehkan masalah tauhid atau bahkan mengabaikannya. Diperparah oleh sikap sebagian yang merendahkan ikhwan lainnya yang berusaha mendalami masalah tauhid, berdakwah dengannya dan mendakwahkan manusia padanya.

2. BERAMAL SALIH. Begitu pula beramal salih bukanlah perkara simple; karena segala amal memiliki syarat. Artinya: beramal salih adalah mengamalkan sesuatu berlandaskan tauhid dan ittiba' kepada Nabi.

Fact: Yang kita saksikan, menggebu sebagian dari kita beramal salih dengan mengabaikan apa yang ada di hati dan juga pelaksanaannya; apakah sesuai, apakah disetujui atau apakah melanggar Sunnah!? Sehingga semua merasa beramal salih; yang zahirnya mungkin salih namun batinnya adalah rusak.

Wallahu a'lam


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/272100206164705

No comments:

Post a Comment