Tuesday, December 6, 2011

Tangan Kanan Tak Terketahui Tangan Kiri

oleh Hasan Al-Jaizy

Tentang sedekah tangan kanan tak terketahui tangan kiri

"Adalah sebuah keutamaan: Menyembunyikan sedekah; karena ia menjaga diri dari faktor-faktor RIYA'; KECUALI jika dia ketahui bahwa dengan menzahirkan sedekahnya, itu akan bisa membuat manusia terdorong untuk mengikuti amalnya [bersedekah]"

[sebuah faedah dari kitab Subulus Salam]


Tak tercela pula jika dikiaskan dengan beberapa amal kebaikan.

Ulama salaf menganjurkan, "Sembunyikanlah amal baikmu sebagaimana kau sembunyikan amal burukmu", agar neraca keikhlasan tak tergoyahkan. 

Tapi, jika sebuah amal kebaikan yang jika kita zahirkan depan manusia dapat menjadi motivasi, contoh dan panduan orang lain untuk melakukannya, maka justru menzahirkan lebih baik dari menyembunyikan amalan.


Beberapa contoh yang insya Allah bisa dijadikan kiasan:

--> Seorang Imam melakukan shalat sunnah di mushalla/masjid. Shalat sunnah rawatib awalnya disunnahkan di rumah, bukan? Tapi ketika sang imam [yang terpandang] melakukannya di masjid, akan dilihat banyak orang dan diikuti. Maka pahala bisa berlipat insya Allah.

--> Status FB juga terkadang bisa dimasukkan dalam bab amar ma'ruf nahi munkar; meskipun bagi sebagian orang hal ini diremehkan

--> Baju koko, baju takwa, sarung dan peci. Betapa banyak orang yang tadinya enggan shalat, justru ketika mereka melihat Anda memakai baju takwa [maknawi dan materi], mereka merasa malu dan akhirnya mengikuti Anda....!?

Wallahu a'lam


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/287756244599101

No comments:

Post a Comment