Saturday, May 12, 2012

DARI HATI KE HATI : [9] Apakah Kamu Ingin....?

oleh Hasan Al-Jaizy

[Apakah Kamu Ingin...?]

[1] Apakah kamu ingin menjadi seperti butir-butir debu teramat ringan atau buih-buih samudera teramat lemah atau anai-anai putih teramat liar yang terombang-ambing oleh kekuatan angin dan air!? Seketika gelombang dan hembusan antarkan kamu pada keentahan; hingga tengah hidupmu adalah lemah dan akhir hayatmu adalah entah.

[2] Apakah kamu ingin menjadi seperti lilin berpijar terangi sekitar yang kelam ditelan gelap; sementara perihnya kulitmu terlumer oleh api!? Tiap berjalan waktu: kian waktu kian banyak tangisanmu. Lalu tangisnmu membeku tak berarti dan alangkah cepat tamat kamu punya riwayat. Sungguhpun sedih ku melihatmu: berguna untuk orang lain, hancur luluh sendiri.

[3] Apakah kamu hendak menjadi seperti sendal menopang diri manusia berdiri berjalan berlari!? Kau terinjak tersakiti sementara pemakaimu teramankan dari panasnya aspal, kasarnya tanah dan kotornya muka bumi. Lalu kau pun menjerit ketika perutmu terantup kerikil tajam, atau teriakmu histeris sakit ketika mu tertusuk duri atau paku. Dan ketika warnamu telah pudar atau anggota tubuhmu telah cacat, kau akan dibuang.

[4] Apakah kamu hendak menjadi yang terbaik bagi orang lain namun terburuk bagi diri sendiri?



No comments:

Post a Comment