Saturday, May 26, 2012

Mari Mengenal 2 Ustadz Saya

oleh Hasan AL-Jaizy

Ana mengajak kawan2 di mari MENGENAL 2 ustadz atau guru bahasa Arab terawal ana di ujung era 90-an dulu di Pesantren Al-Irsyad Tengaran.

[1] Ustadz NUR HAYYUN -hafidzahullah- adalah ustadz pertama dan paling pertama yang memperkenalkan ana dan teman2 ketika awal masuk pondok [smp] bahasa Arab, dengan kitab Al-Arobiyyah li An-Nasyi'iin dan juga kitab Tadriibaat ala Al-Anmaath. Ana masih ingat raut wajahnya ketika marah dan senyum. Meski beliau mungkin tidak begitu faham seperti apa ana sekarang dan tidak memikirkan apa yang akan terjadi pada ana sekarang, tapi beliau adalah ustadz yang ana anggap jasanya paling besar, karena paling awal, dan ilmu/skill yang beliau tanamkan pada ana saat itu menjadi cikal bakal dan modal yang sangat besar selama berbelas tahun dan still goes on....

[2] Ustadz KHUZAIMY -hafidzahullah- adalah ustadz yang dulu masih sangat belia saat mengajar ana, 17-18 tahun umurnya. Beliau mengajar ilmu Sharaf dengan nada. Ya, dengan nada sehingga ana sangat menyukainya dan sampai sekarang masih ingat jelas nada, dan tashrif2. Sangat melekat. Berkahnya, ana mengajar ilmu Sharaf untuk beberapa mahasiswa UI Bahasa Arab dengan nada tersebut, persis. Dan ketika mengajar, yang terbayang selalu adalah beliau, Ust Khuzaimy. Setahun mengajar ana, beliau melanjutkan studi di Madinah dan lulus tahun 2004. Insya Allah jika kelak ana mendapat kesempatan mengajar bahasa Arab, terutama untuk kalangan dewasa, ana ga malu2 memakai nada itu.


Mohon jua doanya...

Dan jika di antara2 teman2 mendapat manfaat dari beberapa postingan ana di dunia maya, maka ketahuilah bahwa itu semua juga ada campur tangan mereka berdua secara tidak langsung, selain berkat didikan orang tua dan lingkungan pondok.

Jadi, jika itu adalah manfaat buat siapa saja, mohon doanya untuk kedua guru saya yang sudah lama sekali ga pernah bertemu. Semoga mereka diberi kesehatan dan keluarga yang berkah. 

Sebenarnya masih banyak ustadz2 lain yang pernah mengajari dan lebih tinggi ilmunya, namun keduanya adalah orang2 pertama. Orang2 pertama bernilai lebih dibanding yang sesudahnya.


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/393303967377661

No comments:

Post a Comment