Saturday, May 26, 2012

Thullab Al-Fitan

oleh Hasan Al-Jaizy

Thullaab AL-FITAN

Akan ada thullaab al-ilm yang ketika kamu tanyakan pada mereka perihal ustadz fulan dan Syaikh fulan, siapa, darimana, bagaimana manhajnya, musuhnya siapa saja, siapa yang men-tahdzir beliau, siapa yang me-radd [membantah] mauqif atau qaul beliau dst, maka mereka akan menjawab lengkap; dibumbui juga dengan pandangan mereka mengenai ustadz atau syaikh tersebut.

Namun ketika kamu tanya, Tauhid Uluhiyyah itu definisi nya apa [misalnya] atau apa arti Ilaah [misalnya], maka ia kebingungan dan berusaha mencari laptop atau kitab.


Akan ada atau memang sudah ada? 

WAIT...sebelum memulai melantunkan kata 'mereka' di fikiran, lebih baik tuding diri sendiri dulu. Karena kebanyakan dari kita, ketika disuguhi perkara negatif, langsung mencari siapa pelakunya atau yang tersifati seperti itu, padahal bisa jadi KITA SENDIRI. 

Yaa, akh...Tallaahi [Demi Allah], melihat beberapa kelompok saling men-tahdzir pada satu seragam, satu pakaian dan satu paket kitab pelajaran adalah memilukan. Tapi, mengkonsentrasikan diri pada mereka dan tak meluputkan semua kabar tentang mereka juga memilukan.


Yaa, akh...tidakkah pernah kita sedih ketika sadar bahwa bertahun2 kita menuntut ilmu, belajar, menghafal, memahami dan berkarya, namun ternyata banyak sekali dari ilmu tersebut rontok, terlupakan, hilang dan sirna karena taqshiir, kurang berkahnya ilmu kita, atau karena niatan awal yang menyimpang!?

Kita katakan tentang mereka, 'Kasihan sekali mereka...miskin sekali mereka'. Dan kita adalah fuqaraa' dalam ilmu. Tidakkah malu pada hati sendiri yang berbicara ini namun perbuatan berlaku beda? 

Yaa, akh...jikalau ingin melihat sesuatu yang menyedihkan, lihatlah diri sendiri. Berapa ilmu yang terbuang percuma karena tidak berkahnya?


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/393388030702588

No comments:

Post a Comment