Sunday, February 26, 2012

Berdoa di FB?

oleh Hasan Al-Jaizy

Berdoa di FB tidak apa-apa. Dan itu tetap dinamakan doa. Kalimat semacam 'Assalamualaikum', 'Barakallahu fiik' dan 'Jazaakallahu khaira' adalah doa yang jika diperhatikan maknanya, maka kita akan takjub berkali-kali pada ketiganya.

Dan jikalau itu diharamkan, maka kita membutuhkan dalil. Jikalau berdoa di FB dilarang, maka jangan ada lagi Salam, doa berkah dan doa terima kasih. Garam pun hilang ketika sedang asyik membuat sayur.

Lebih bagus lagi, mengajak orang lain untuk berdoa; seperti mendoakan saudara yang sakit, tertimpa musibah dan sebagainya. Bagaimanapun, perkara doa-mendoakan adalah luas dan jangan dipersempit kecuali ada dalilnya.

 Namun, ana pribadi kurang setuju jika seseorang bermudah-mudah dalam menulis doa 'pribadi' yang sebenarnya didasari curahan hati dan keluh kesah. Seperti: 'Ya Allah, seandainya aku begini begitu...tolonglah aku agar aku...' sembari menulis hal-hal buruk/naas yang menimpa dirinya.

Hal seperti ini [menurut ana] akan memberi dampak kurang baik bagi pelaku doa. Karena ia akan terbiasa berdoa sembari 'cari-perhatian' manusia lain. Sedangkan, seikhlas-ikhlasnya seseorang berdoa, adalah doa yang dipanjatkan sendiri dalam kesepian tanpa adanya kemungkinan lirikan manusia.

Wallahu a'lam. 


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/337660579608667

2 comments:

  1. http://cokiehti.wordpress.com/2012/01/06/sadar-atau-tidak-facebook-telah-meng-y4hudi-kan-kita/

    ReplyDelete
  2. tempatkan sesuatu tu pda tempatnya.mkan kacang jgn sama kulitnya.

    ReplyDelete