Monday, July 2, 2012

Beberapa Point

oleh Hasan Al-Jaizy

Beberapa point ketika tekad anak Adam sedang diuji:

[1] Seorang guru atau pengajar tidak harus menjadi orang lain dalam mengajari murid. Selebih baiknya, ia menjadi diri sendiri namun mengambil yang baik dari gaya orang lain.

[2] Merupakan hal yang amat menyakitkan bagi seorang guru jika: ada di antara muridnya yang sudah dewasa secara terang-terangan mengkritik gaya mengajarnya di depan murid lain lalu membandingkan antara dia dengan beberapa guru lain. Sangat sakit terasa.

[3] Terlebih jika ternyata guru yang dikritik tersebut sebenarnya sudah berupaya semampu mungkin dan sudah mempersiapkan sedaya mungkin; namun ternyata murid menginginkan yang lain. Entah muda atau tua usia guru, hatinya mungkin akan menangis terlebih dahulu sebelum ia menangis di kesendiriannya.

[4] Kamu akan melihat bahwa guru-guru yang dizalimi atau disakiti beberapa muridnya justru guru-guru yang benar berbakti namun memiliki kekurangan. Sebaliknya, guru-guru pengkhianat yang mengajar bukan karena ingin mencerdaskan [tetapi sekedar cari uang semata], justru lebih megah rasa hati mereka.

[5] Di antara guru-guru, ada yang bertekad cerdaskan anak bangsa, tidur larut demi persiapkan materi esok dan berdoa selalu tiap melihat siapapun dari murid. Dan mereka adalah sebenar-benar guru dan setulus yang terada...meski para murid tidak tahu . .....


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/415172281857496

No comments:

Post a Comment