Thursday, July 5, 2012

Sebuah Surat

oleh Hasan Al-Jaizy

Sebuah Surat...

Ada satu surat dalam Al-Qur'an yang semoga Allah Ta'ala merahmati siapapun yang rutin membacanya tiap hari, men-tadabburinya dan mengamalkan kandungannya. Ayat-ayat dalam surat tersebut sangat dalam dan kuat maknanya, mengajak siapapun yang membacanya untuk tafakkur dan tadabbur akan segala yang tercipta, di langit-langit dan bumi. 

Seakan ketika engkau membacanya, kalimat-kalimat yang terukir di atas kertas mushaf tersebut mengeluarkan tangan-tangan yang mencengkram kepala dan seluruh jasadmu untuk tenggelam bersama makna-makna dan keindahan.

Di dalamnya engkau akan menyaksikan langit dengan penjuru-penjuru, tak luput siksa pedih bagi mereka yang tak mau dengar peringatan sebelum ajal tiba, kemudian akan tertunjuk padamu pemicu-pemicu tangis dan air mata, seperti burung-burung yang beterbangan seimbang di angkasa, jua tentara-tentara semesta yang siap melumat apapun jika tertuang amar dari Rabb-nya...juga tentang rizki yang jika dihentikan sekarang, seperti apalah engkau menjadi???


Tahukah engkau yang termaksud?

Tahukah engkau surat apa yang kumaksud? Surat Al-Mulk...berawal tentang kerajaan dan penciptaan...berakhir pada kosakata yang melukiskan seperti apa kamu berasal....

Surat ini juga disebut sebagai Surat Al-Waaqiyah [pelindung] dan Al-Munjiyah [penyelamat]...berjumlah 30 ayat. [Al-Kasysyaaf: 4/133]

“Satu surat dalam Alquran (yang terdiri dari) tiga puluh ayat (pada hari kiamat) akan memberi syafaat (dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala) bagi orang yang selalu membacanya (dengan merenungkan artinya) sehingga Allah mengampuni (dosa-dosa)nya, (yaitu surat Al-Mulk): “Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu”. 
Dalam riwayat lain: “…sehingga dia dikeluarkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga.” [H.R. Tirmidzy]


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/416172551757469

No comments:

Post a Comment