Monday, July 30, 2012

Misal Ekstrimitas

oleh Hasan Al-Jaizy

Beberapa point yang jangan sampai engkau merasa tersuntik membacanya:

[1] Menilai pemilik akun dari pro-pic? Terkadang itu terjadi. Biasanya: 

a. Kalau memasang foto makhluk hidup berarti pemiliknya pelanggar syariat atau tidak menggubris fatwa. 

b. Kalau memasang foto mukanya [yang laki2], jika dia jelek mukanya berarti perlu diteriakkan: 'Woy, emang FB lu KTP?'. Jika mukanya cakep berarti dia adalah orang narsis.

c. Kalau memasang foto ayat/hadits/yang islami, berarti dia seorang SW; terlebih jika mutual friends nya tsiqoh [terpercaya].

d. Kalau memasang foto kitab/buku, berarti dia pamer dan narsis.

[2] Menilai manusia dari tingkahnya di dunia maya tidak bisa sempurna 100%; karena real life itu lebih real.

[3] Jika memang ingin menilai [karena hidup sosial tak lepas dari menilai orang] di dunia maya, jangan nilai seseorang dari statusnya; melainkan dari komentarnya. Status cenderung dipoles, diperbagus, difikirkan matang2, atau copas kalimat yang bukan miliknya. Sementara untuk komentar, kecenderungan di atas minim. Karena itulah, sangat mungkin Anda melihat beberapa orang membuat status ayat/hadits/hikmah, tapi dia menghinakannya sendiri dengan BERCANDA, ngakak bahkan kalimat tercela. Atau dia yang di statusnya begitu baik dan bagus, namun komentar yang ia tulis di lapak orang di bawah standar.

[4] Jika kamu mengenal seseorang, maka kamu takkan lepas dari 'menilai'. Karena penilaian itu akan terjadi secara otomatis. Urusan benar atau tidaknya penilaian, itu tidak terjamin. Yang pasti, data-data tentang orang lain pasti tersimpan. Hanya orang hilang akal yang tidak seperti ini.


Paling ajaib jika:

Point 1b ditabrak dengan kenyataan bahwa sebagian [atau bahkan kebanyakan] masyaayikh TimTeng yang exist di jejaring sosial, memasang pro-pic mukanya sendiri.

Mungkinkah kita mengatakan pada mereka: "Memangnya FB KTP?"

Bagaimana jika ada orang awam berteriak: 'Lo pade sok alim, status malah dijadiin buat nulis ayat hadits, lo kira Jum'atan pindah ke Facebook?'

Kedua-duanya sama ekstrimnya....bagi ana.


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/425118737529517

No comments:

Post a Comment