Sunday, July 15, 2012

Kawanku, Mahasiswa

oleh Hasan Al-Jaizy

Kawanku, mahasiswa

Anggaplah biaya kuliahmu [kelas reguler] per semester sekitar Rp 7 juta. Lalu kamu butuh biaya sehari-hari sekitar 500.000 per-bulan. Juga biaya kos 150.000 per bulan [patungan dengan teman dan jika bukan bayar tahunan]. Belum lagi biaya untuk kegiatan ini itu dan selanjutnya.

Coba ingat orang tuamu di kampung atau di kota kelahiran. Tentu risalah ini bukan untuk mahasiswa yang seumur hidup sepertinya bakal menyeruput harta orang tua; karena harta mereka seakan terjamin dengan tajirnya orang tua. Bukan pula untuk mahasiswa yang mendapat bea siswa dan semacamnya.

Ingat orang tuamu di rumah. Mereka membiayaimu dan kerah usaha mereka mencari biaya tidak semudah kamu mengacungkan jari tanda ingin bertanya pada dosen.

Berjuta-juta telah dikerahkan selama berbulan. Sekarang kamu bisa apa dan apa yang bisa kamu berikan kepada mereka, juga masyarakat?

Jika ternyata kamu lulus tidak menjadi apa-apa; sekedar lulus yang terpenting sudah memegang satu gelar; maka sungguh lebih baik kamu tidak perlu kuliah dan menjadi satpam saja. Satpam lebih berguna bagi masyarakat daripada kamu.

Dan jangan banggakan kamu kuliah di mana...itu kebanggaan semu
jangan banggakan kamu kuliah di mana...itu kebanggaan semu
jangan banggakan kamu kuliah di mana...itu kebanggaan semu


http://www.facebook.com/hasaneljaizy/posts/420040514704006

No comments:

Post a Comment